2024 Ganjil Tata Hidang Restoran kls A
Mata kuliah ini membahas tentang 1) Konsep teoretik tentang tata hidangan dan restoran; 2) Persyaratan menjadi seorang pramusaji (waiter/waitress); 3) Konsep-konsep merancang menu; 4) Peralatan restoran; 5) Folding napkin (melipat serbet); 6) Table set up (penataan meja); 7) Sistem pelayanan table service (American service, Russian service, French service, English service); 8) Skirting; 9) Banquette service; 10) Buffet service; dan Room service.
- Dosen: 196504191990032001 Dr. Dra. Risa Panti Ariani, M.Si.
- Siswa terdaftar: Belum ada siswa yang mendaftar pada kursus ini
TATA HIDANG RESTORAN COPY
Mata kuliah ini membahas tentang 1) Konsep teoretik tentang tata hidangan dan restoran; 2) Persyaratan menjadi seorang pramusaji (waiter/waitress); 3) Konsep-konsep merancang menu; 4) Peralatan restoran; 5) Folding napkin (melipat serbet); 6) Table set up (penataan meja); 7) Sistem pelayanan table service (American service, Russian service, French service, English service); 8) Skirting; 9) Banquette service; 10) Buffet service; dan Room service.
- Dosen: 197103031997032001 Cokorda Istri Raka Marsiti, S.Pd., M.Pd.
- Siswa terdaftar: 27
KULINER NUSANTARA COPY 1
Mata Kuliner Nusantara merupakan Mata Kuliah inti keilmuan yang bertujuan agar mahasiswa memiliki kompetensi dalam pengolahan dan penyajian makanan nusantara
- Dosen: 197104212002122001 Luh Masdarini, S.Pd., M.Pd.
- Siswa terdaftar: Belum ada siswa yang mendaftar pada kursus ini
ilmu gizi dan Diet
- Dosen: 196502191991032001 Dra. Damiati, M.Kes.
- Siswa terdaftar: Belum ada siswa yang mendaftar pada kursus ini
2024 PMM PVSK Ganjil
Setelah menempuh mata kuliah ini mahasiswa mampu memahami konsep mutu pangan, menerapkan prinsip pengendalian mutu pangan dan pengujian sensoris dalam bidang boga. Mata kuliah ini terdiri dari teori tentang konsep mutu, atribut mutu pangan, dan pengendalian mutu; metode-metode pengendalian mutu pangan; konsep dan penerapan HACCP dalam bidang boga; sifat-sifat sensoris bahan pangan dan pengujian sifat sensoris, serta praktikum pengendalian mutu pangan, yaitu pengukuran mutu bahan sesuai syarat mutu bahan, pengukuran mutu proses pengolahan sesuai dengan standar proses, pengukuran mutu produk sesuai dengan syarat mutu produk dan pengujian sifat sensoris, yaitu threshold test, ranking test, hedonic scale test, dan profil sensoris. Pembelajaran mata kuliah ini dilakukan dengan metode ceramah, diskusi, tanya jawab, presentasi, dan praktikum. Penilaian terdiri dari partisipasi kuliah, tugas mandiri, presentasi makalah, pretest, laporan mingguan, laporan akhir praktikum, responsi praktikum, dan ujian akhir semester.
- Dosen: 196504191990032001 Dr. Dra. Risa Panti Ariani, M.Si.
- Siswa terdaftar: 22
Filosofi Pendidikan Indonesia Kelas A B
- Dosen: 197403162006042001 Made Diah Angendari, S.Pd., M.Pd.
- Siswa terdaftar: 53
Pembelajaran Usaha Jasa Boga
Mata kuliah PUJB mempelajari tentang sejarah makan di luar rumah, jenis-jenis usaha jasa boga, menu, perhiyungan cost , hygiene dan sanitasi makanan
- Dosen: 197107111999032001 Dr. Ni Wayan Sukerti, S.Pd., M.Pd.
- Siswa terdaftar: 17
Pendidikan Inklusi copy 1
Pendidikan inklusi adalah pendekatan pendidikan yang mengakui bahwa setiap anak memiliki hak untuk belajar bersama di lingkungan yang mendukung. Tujuannya adalah untuk menciptakan sistem pendidikan yang adil dan setara bagi semua siswa, terlepas dari latar belakang, kemampuan, atau disabilitas yang mereka miliki.
- Dosen: 197107111999032001 Dr. Ni Wayan Sukerti, S.Pd., M.Pd.
- Siswa terdaftar: 4
Pendidikan Kejuruan copy 1
mata kuliah pendidikan kejuruan mempelajari tentang konsep dasar pendidikan kejuruan,
Ketiga jenis pendidikan tersebut tujuannya sama yaitu mempersiapkan peserta didik untuk bekerja pada bidang tertentu.
- Dosen: 197107111999032001 Dr. Ni Wayan Sukerti, S.Pd., M.Pd.
- Siswa terdaftar: 4
Wawasan Pendidikan copy 2
Mata Kuliah wawasan pendidikan, mempelajari tentang hakikat dan makna Ilmu Pendidikan, teori-teori pendidikan dalam kaitannya dengan pengembangan potensi manusia (peserta didik), asumsi programatik pendidikan (faktor-faktor yang terlibat dalam proses pendidikan peserta didik), sistem pendidikan Indonesia,dan kompetensi-sertifikasi-profesi guru.
- Dosen: 197107111999032001 Dr. Ni Wayan Sukerti, S.Pd., M.Pd.
- Siswa terdaftar: 23
Pastry
Mata kuliah ini membahas tentang: (1) Adonan goreng, (2) Adonan cake, (3) Adonan pasir, dan (4) Adonan sus
- Dosen: Ida Ayu Putu Hemy Ekayani, S.Pd. -
- Dosen: 197103031997032001 Cokorda Istri Raka Marsiti, S.Pd., M.Pd.
- Siswa terdaftar: 23
Belajar Pembelajaran PVSK
Mata kuliah Belajar dan Pembelajaran termasuk rumpun mata kuliah kompetensi utama yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa S1 PVSK sebagai mata kuliah akademik kependidikan untuk mengembangkan kemampuan pedagogik mahasiswa dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Topik-topik yang dibahas pada mata kuliah ini, yaitu: Pengertian dan Hakikat Belajar, Empat Pilar Belajar Menurut UNESCO, Hakikat Hasil Belajar, Faktor-faktor Mempengaruhi Hasil Belajar, Teori-teori Belajar, Hakikat Pembelajaran, Pendekatan Pembelajaran, Model Pembelajaran, Metode Pembelajaran, dan Unsur Rencana Pembelajaran
- Dosen: 197103031997032001 Cokorda Istri Raka Marsiti, S.Pd., M.Pd.
- Siswa terdaftar: 6
Filosofi Pendidikan Indonesia copy 1
Mata kuliah ini mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan mahasiswa dalam memaknai dan menghayati dasar-dasar
Pendidikan Ki Hajar Dewantara (KHD) sebagai sebuah filosofi pengembangan Pendidikan Nasional. Mata kuliah ini melatih
mahasiswa untuk secara reflektif, kritis dan kolaboratif menelaah pemikiran-pemikiran KHD dan bagaimana strateginya
dalam mewujudkan Pendidikan yang berpihak pada anak sesuai dengan keberagaman konteks sosial budaya dan nilai-
nilai luhur Indonesia. Proses perkuliahan dilakukan dengan menekankan dialog kritis sehingga mahasiswa menjadi lebih
reflektif dan tajam dalam mengkritisi praktik baik-praktik baik Pendidikan yang berpihak pada peserta didik.
- Dosen: 197107111999032001 Dr. Ni Wayan Sukerti, S.Pd., M.Pd.
- Siswa terdaftar: 6
Desain Cipta karya Kuliner
Menguasai pengetahuan dan keterampilan tentang konsep dan gagasan dalam menciptakanproduk makanan dengan menggali ide, memanfaatkan bahan,mengolah bahan, menyajikan produk, membuat instrumen penilaian produk, serta mampu mengorganisasikan dan mempresentasikanhasil karya dalam bentuk ameran.Proses pembelajaran menyesuaikandengan kurikulum yang berlaku. Strategipembelajran dilakukan dengan menerapkan pendekatankonstruktivistik, kegiatanpembelajaran diberikan secara teori, praktek, pemberian tugas secara individu dan kelompok, danpameran. Evaluasidilakukan dengan membuat laporantertulis, membuat porto folio, tes tulis, dantes kinerja.
- Dosen: 197103031997032001 Cokorda Istri Raka Marsiti, S.Pd., M.Pd.
- Dosen: 197309022002122001 Dr. Ida Ayu Putu Hemy Ekayani, S.Pd., M.Pd.
- Siswa terdaftar: 40
Strategi & desain Pembelajaran PVSK
Mata Kuliah ini membahas tentang: (1) hakikat pendekatan pembelajar, strategi/model pembelajaran, dan metode pembelajaran; (2) berbagai model pembelajaran ; (3) karakteristik, dimensi-dimensi disain dan prosedur penyusunan disain pembelajaran (berbasis KTSP dan kurikulum 2013); (4) penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP).
- Dosen: 197103031997032001 Cokorda Istri Raka Marsiti, S.Pd., M.Pd.
- Siswa terdaftar: 26
Dasar seni dan Desain Kuliner
Mata kuliah ini membahas tentang: 1) hakikat seni dan benda seni, 2) hakikat desain dan proses disain, 3) unsur-unsur dan prinsip disain, 4) hakikat warna.
- Dosen: 197103031997032001 Cokorda Istri Raka Marsiti, S.Pd., M.Pd.
- Siswa terdaftar: 28
Filosofi Pendidikan Indonesia Kelas E
Mata kuliah ini mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan mahasiswa dalam memaknai dan menghayati dasar-dasar Pendidikan Ki Hajar Dewantara (KHD) sebagai sebuah filosofi pengembangan Pendidikan Nasional. Mata kuliah ini melatih mahasiswa untuk secara reflektif, kritis dan kolaboratif menelaah pemikiran-pemikiran KHD dan bagaimana strateginya dalam mewujudkan Pendidikan yang berpihak pada anak sesuai dengan keberagaman konteks sosial budaya dan nilai- nilai luhur Indonesia. Proses perkuliahan dilakukan dengan menekankan dialog kritis sehingga mahasiswa menjadi lebih reflektif dan tajam dalam mengkritisi praktik baik-praktik baik Pendidikan yang berpihak pada peserta didik.
- Dosen: Ni Wayan Sukerti, S.Pd,M.Pd -
- Dosen: 197103031997032001 Cokorda Istri Raka Marsiti, S.Pd., M.Pd.
- Dosen: 197107111999032001 Dr. Ni Wayan Sukerti, S.Pd., M.Pd.
- Dosen: 2315081002 Komang Aura Kamala
- Siswa terdaftar: 44
Wawasan Pendidikan Kuliner
Mata Kuliah ini membahas tentang hakikat dan makna Ilmu Pendidikan, teori-teori pendidikan
dalam kaitannya dengan pengembangan potensi manusia (peserta didik), asumsi programatik
pendidikan (faktor-faktor yang terlibat dalam proses pendidikan peserta didik), sistem
pendidikan Indonesia,dan kompetensi-sertifikasi-profesi guru- Dosen: 197103031997032001 Cokorda Istri Raka Marsiti, S.Pd., M.Pd.
- Siswa terdaftar: 32
Pendidikan Inklusi salin 4
- Dosen: 197103031997032001 Cokorda Istri Raka Marsiti, S.Pd., M.Pd.
- Dosen: 197107111999032001 Dr. Ni Wayan Sukerti, S.Pd., M.Pd.
- Siswa terdaftar: 41