Bahasa Indonesia SD
- Dosen: NIR Gede Ady Nova Prasetya Hadi, S.H.
- Dosen: 198912132015042003 Ni Ketut Desia Tristiantari, S.Pd., M.Pd.
- Enrolled students: There are no students enrolled in this course.
3IKI Pendidikan Inklusi
- Dosen: 1986070320160502242 Luh Sri Surya Wisma Jayanti, S.Pd.,M.Pd
- Enrolled students: 2
3E Strategi dan Desain Pembelajaran
Mata kuliah Strategi Pembelajaran mempelajari berbagai pendekatan, metode, dan teknik yang digunakan untuk merancang dan mengimplementasikan proses pembelajaran yang efektif sesuai karakteristik siswa dan konten pengetahuan. Dalam mata kuliah ini, mahasiswa akan belajar bagaimana mengidentifikasi kebutuhan belajar siswa, merancang rencana pembelajaran dan perangkat pendukungnya yang sesuai dengan karakteristik siswa dan konten pengetahuan, serta mengevaluasi efektivitas dari strategi yang digunakan. Tujuan utama dari mata kuliah ini adalah untuk membekali mahasiswa dengan keterampilan dan pengetahuan metodik yang diperlukan untuk menjadi pendidik yang mampu menciptakan lingkungan belajar yang produktif dan mendukung.
- Dosen: 1986070320160502242 Luh Sri Surya Wisma Jayanti, S.Pd.,M.Pd
- Enrolled students: There are no students enrolled in this course.
3D Strategi dan Desain Pembelajaran
Mata kuliah Strategi Pembelajaran mempelajari berbagai pendekatan, metode, dan teknik yang digunakan untuk merancang dan mengimplementasikan proses pembelajaran yang efektif sesuai karakteristik siswa dan konten pengetahuan. Dalam mata kuliah ini, mahasiswa akan belajar bagaimana mengidentifikasi kebutuhan belajar siswa, merancang rencana pembelajaran dan perangkat pendukungnya yang sesuai dengan karakteristik siswa dan konten pengetahuan, serta mengevaluasi efektivitas dari strategi yang digunakan. Tujuan utama dari mata kuliah ini adalah untuk membekali mahasiswa dengan keterampilan dan pengetahuan metodik yang diperlukan untuk menjadi pendidik yang mampu menciptakan lingkungan belajar yang produktif dan mendukung.
- Dosen: 1986070320160502242 Luh Sri Surya Wisma Jayanti, S.Pd.,M.Pd
- Enrolled students: There are no students enrolled in this course.
7C Pembelajaran Bahasa Inggris di SD
Relevansi dan cakupan materi pembelajaran mata kuliah ini sesuai dengan bahan, kajian/ pokok bahasan dan CPMK, yaitu mata kuliah pembelajaran Bahasa Inggris di SD ini berisi pokok bahasan tentang KI, KD Bahasa Inggris di SD, karakteristik perkembangan anak, teori perolehan dan perkembangan bahasa anak, prinsip pembelajaran bahasa Inggris untuk anak, metode pembelajaran bahasa Inggris untuk anak, media pembelajaran bahasa Inggris di SD, contohnya seperti : flash card, story book, rhymes, movie, internet, dan teknologi lainnya, Teaching Listening to Children, Teaching Speaking to Children, Teaching Reading to Children, Teaching Writing to Children, Assessment dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di SD, RPP/ Bahan Ajar Bahasa Inggris di SD. Di akhir perkuliahan , mahasiswa diharapkan mampu untuk menghasilkan pengembangan metode dan strategi belajar yang kreatif dan inovatif dalam pembelajaran bahasa Inggris untuk anak-anak dan pengembangan perangkat serta media pembelajaran bahasa inggris untuk anak-anak berbasis teknologi.
- Dosen: 1986070320160502242 Luh Sri Surya Wisma Jayanti, S.Pd.,M.Pd
- Enrolled students: There are no students enrolled in this course.
7B Pembelajaran Bahasa Inggris di SD
Relevansi dan cakupan materi pembelajaran mata kuliah ini sesuai dengan bahan, kajian/ pokok bahasan dan CPMK, yaitu mata kuliah pembelajaran Bahasa Inggris di SD ini berisi pokok bahasan tentang KI, KD Bahasa Inggris di SD, karakteristik perkembangan anak, teori perolehan dan perkembangan bahasa anak, prinsip pembelajaran bahasa Inggris untuk anak, metode pembelajaran bahasa Inggris untuk anak, media pembelajaran bahasa Inggris di SD, contohnya seperti : flash card, story book, rhymes, movie, internet, dan teknologi lainnya, Teaching Listening to Children, Teaching Speaking to Children, Teaching Reading to Children, Teaching Writing to Children, Assessment dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di SD, RPP/ Bahan Ajar Bahasa Inggris di SD. Di akhir perkuliahan , mahasiswa diharapkan mampu untuk menghasilkan pengembangan metode dan strategi belajar yang kreatif dan inovatif dalam pembelajaran bahasa Inggris untuk anak-anak dan pengembangan perangkat serta media pembelajaran bahasa inggris untuk anak-anak berbasis teknologi.
- Dosen: 1986070320160502242 Luh Sri Surya Wisma Jayanti, S.Pd.,M.Pd
- Enrolled students: There are no students enrolled in this course.
Pembelajaran Bahasa Indonesia SD
- Dosen: 199106172024212002 Chindytia
- Dosen: NIR Gede Ady Nova Prasetya Hadi, S.H.
- Dosen: 195903211983032003 Prof.Dr. Maria Goreti Rini Kristiantari, M.Pd.
- Enrolled students: 2
Biologi SD
- Dosen: I Made Citra Wibawa, S.Pd., M.Pd. -
- Dosen: 197612142009122002 Dr. Ni Wayan Rati, S.Pd., M.Pd.
- Dosen: 198604272009122003 Dr. Putu Nanci Riastini, S.Pd., M.Pd.
- Dosen: 1991031820230902059 Ni Made Suriyasmini
- Enrolled students: 487
Manajemen Berbasis Sekolah Kelas K, L, M, N, O, P, Q
Mata kuliah ini menuntut perserta didik untuk menguasai konsep teori dan kemampuan mengaplikasikan dan atau mengkaji, merancang, memanfaatkan konsep teori tersebut dalam memecahkan masalah pendidikan yang terkait dengan: (1) Konsep Dasar Manajemen dan Manajemen Berbasis Sekolah, (2) Pihak-pihak yang terlibat di dalam Manajemen Berbasis Sekolah, (3) Faktor-faktor yang memengaruhi keberhasilan dan kegagalan implementasi Manajemen Berbasis Sekolah, (4) Komponen-komponen Manajemen Berbasis Sekolah, (5) Efektivitas, efisiensi, dan produktivitas Manajemen Berbasis Sekolah; (6) Kepemimpinan dalam Manajemen Berbasis Sekolah; (7) Koordinasi dan Komunikasi dalam Manajemen Berbasis Sekolah; (8) Efisiensi Koordinasi Supervisi Pendidikan, (9) Analisis SWOT dalam Manajemen Berbasis Sekolah, (10) Monitoring dan Evaluasi (Monev) Manajemen Berbasis Sekolah, (11) Peran Stakeholders dalam Manajemen Berbasis Sekolah.
- Dosen: 198605172015041001 Gusti Ngurah Sastra Agustika, S.Si., M.Pd.
- Enrolled students: 227
KETERAMPILAN IPA SD SEMESTER 3 TA 2024/2025
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah praktikum IPA yang membahas tentang pengembangan keterampilan IPA berkaitan dengan (a) pengukuran, (b) gaya dan gerak, (c) pesawat sederhana, (d) cahaya, (e) magnet, (f) listrik, (g) tata surya, Bumi, (i) materi dan perubahannya, (j) asam, basa, dan garam, (k) tumbuhan, (l) hewan, (m) manusia, dan lingkungan.
- Dosen: 1991031820230902059 Ni Made Suriyasmini
- Enrolled students: 267
Pendidikan Inklusi Rombel 30, 31, 34 salin 1
Pendidikan inklusi adalah pendekatan dalam sistem pendidikan yang bertujuan untuk mengakomodasi semua peserta didik, termasuk anak-anak dengan kebutuhan khusus atau disabilitas, dalam lingkungan pendidikan yang sama. Prinsip utama pendidikan inklusi adalah memastikan setiap anak memiliki akses yang setara terhadap pendidikan tanpa diskriminasi. Pendekatan ini menekankan pentingnya menghargai keragaman dan perbedaan individu serta memberikan dukungan yang sesuai untuk memenuhi kebutuhan spesifik setiap siswa.
- Dosen: 195912311984031010 Drs. I Wayan Sujana, S.Pd., M.Pd.
- Enrolled students: 2
PENDIDIKAN INKLUSI ROMBEL 30, 31, 34
Pendidikan inklusi adalah pendekatan dalam sistem pendidikan yang bertujuan untuk mengakomodasi semua peserta didik, termasuk anak-anak dengan kebutuhan khusus atau disabilitas, dalam lingkungan pendidikan yang sama. Prinsip utama pendidikan inklusi adalah memastikan setiap anak memiliki akses yang setara terhadap pendidikan tanpa diskriminasi. Pendekatan ini menekankan pentingnya menghargai keragaman dan perbedaan individu serta memberikan dukungan yang sesuai untuk memenuhi kebutuhan spesifik setiap siswa.
- Dosen: 195912311984031010 Drs. I Wayan Sujana, S.Pd., M.Pd.
- Enrolled students: 22
Filosofi Pendidikan Indonesia_Kelas I_Semester I
- Dosen: 199206042019032014 Made Vina Arie Paramita, S.Pd., M.Pd.
- Enrolled students: There are no students enrolled in this course.
Pendidikan Agama Hindu salin 3
.
- Dosen: I Wayan Widiana, S.Pd., M.Pd. -
- Dosen: 1987053120220202023 Ni Komang Widiani, S.Pd.H., M.Pd.
- Enrolled students: 78
Pendidikan Inklusi Rombel 41,42,43
- Dosen: 1987053120220202023 Ni Komang Widiani, S.Pd.H., M.Pd.
- Enrolled students: 80
Pembelajaran Berdiferensiasi
Mata kuliah pembelajaran berdiferensiasi bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan tentang pembelajaran berdiferensiasi. Mata kuliah ini bermanfaat bagi mahasiswa dalam merancang pembelajaran berdiferensiasi dari segi konten, proses, dan produk yang sesuai dengan kebutuhan siswa serta dapat menentukan asesmen yang relevan untuk menilai proses dan produk belajar siswa. Materi yang dibahas dalam mata kuliah ini mencakup Konsep Dasar dan Prinsip-prinsip Pembelajaran Berdiferensiasi, Pemetaan Kebutuhan Belajar Siswa, Peran Guru dalam Pembelajaran Berdiferensiasi, Elemen Pembelajaran Berdiferensiasi, Variasi Media dalam Pembelajaran Berdiferensiasi, Pengelolaan Kelas dalam Pembelajaran Berdiferensiasi, Integrasi Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Model Pembelajaran Project-based Learning, Asesmen dalam Pembelajaran Berdiferensiasi, Telaah Modul Ajar Berdiferensiasi, Perancangan Modul Ajar Berdiferensiasi. Perkuliahan dilaksanakan melalui pengalaman belajar berbasis student-centered learning yang mana mahasiswa belajar melalui model case-based learning dan project-based learning. Case-based learning digunakan dalam menganalisis perbedaan kebutuhan peserta didik dalam pembelajaran, sedangkan project-based learning diterapkan dalam kegiatan merancang materi, strategi, media, dan asesmen pembelajaran berdiferensiasi. Pemenuhan capaian pembelajaran mata kuliah dievaluasi melalui penilaian sikap dan partisipasi, penilaian proses berupa portofolio, ujian tengah dan projek akhir semester.
- Dosen: 199008052015042001 I Gusti Agung Ayu Wulandari, S.Pd., M.Pd.
- Enrolled students: 69
Sejarah dan Multikultural SD
Mata kuliah ini memuat materi tentang konsep Hakekat Sejarah, Perkembangan Sejarah, Problematika Sejarah, Hakekat Multikultural, Pendidikan Multikultural dan Isu Disintegrasi Bangsa yang memberikan pengetahuan konseptual untuk mampu melakukan pembelajaran di sekolah dasar. Selain pengetahuan konseptual melalui mata kuliah ini, mahasiswa juga memiliki keterampilan berpikir logis, kritis, sistematis, kinerja mandiri, bermutu, dan terukur berlandaskan sikap taqwa, etika, Kerjasama, dan menghargai pendapat orang lain.
- Dosen: 199008052015042001 I Gusti Agung Ayu Wulandari, S.Pd., M.Pd.
- Dosen: 1994051820220101013 I Nyoman Tri Esaputra, S.E., M.Pd.
- Enrolled students: 510
Pendidikan Inklusi salin 9
Pendidikan inklusif adalah sistem penyelenggaraan pendidikan yang memberikan kesempatan kepada semua peserta didik yang memiliki kelainan dan memiliki potensi kecerdasan dan/atau bakat istimewa untuk mengikuti pendidikan atau pembelajaran dalam satu lingkungan pendidikan secara bersama-sama dengan peserta didik pada umumnya
- Dosen: 199106172024212002 Chindytia
- Enrolled students: There are no students enrolled in this course.
Pendidikan Inklusi salin 8
konsep pendidikan inklusif adalah sistem pendidikan yang terbuka untuk seluruh peserta didik, termasuk Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Dalam sistem pendidikan ini, baik peserta didik umum dan ABK ditempatkan dalam satu kelas yang sama.
- Dosen: 198307262009121004 Dr. I Made Citra Wibawa, S.Pd., M.Pd.
- Enrolled students: 1
Bahasa Inggris SD Kelas M PGSD
- Dosen: NIP Ida Bagus Yoga Swadnyana
- Enrolled students: 25