Teori Tes Modern (Item Respons Theory) copy 1
Garis Besar Rencanaan Pembelajaran MK Teori Tes Modern |
No |
Indikator Pencapaian (kemampuan akhir yg diharapkan) |
Bahan Kajian/Materi Pokok |
1 |
3 |
4 |
1 |
1. Mampu mereviu konsep Teori Tes Klasik 2. Mampu mengidentifikasi kelemahan Teori tes Klasik
|
Pendahuluan (Teori Tes Klasik) |
2 |
1. Mampu memaparkan konsep-konsep dasar IRT 2. Mampu memaparkan perbandingan teori tes klasik dengan IRT.
|
Komparasi Teori Tes Klasik dengan Teori Tes modern |
3 |
1. Mampu memahami skor butir dan skor responden 2. memahami parameter butir dan parameter responden
|
Karakteristik Butir Normal |
4 |
1. Menentukan karakteristikbutir logistik L1P 2. Menentukan karakteristikbutir logistik L2P 3. Menentukan karakteristikbutir logistik L2P
|
Karakteristik Butir Logistik |
5 |
1. Mengulas distribusi probabilitas normal, 2. Mengulas model ojaif normal, 3. Mengulas macam karakteristik butir (N1P, N2P, N3P) |
Teori Responsi Butir Model Ojaif Normal |
6 |
Menggambar karakteristik butir L1P dengan beberapa komponen butir |
Teori Responsi Butir Model L1P |
7 |
Menggambar karakteristik butir L2P dengan beberapa komponen butir |
Teori Responsi Butir Model L2P |
8 |
Menggambar karakteristik butir L3P dengan beberapa komponen butir |
Teori Responsi Butir Model L3P |
9 |
1. Menguraikan kebolehjadian maksimum 2. Memaparkan estimasi parameter kemampuan |
Estimasi Parameter Kemampuan dan Butir |
10 |
1. Membandingkan reliabilitas teori tes klasik dengan reliabilitas teori tes modern 2. Menguraikan cara estimasi galat baku |
Estimasi Reliabilitas Pengukuran dan Galat Baku |
11 |
Bisa menggunakan software ministep atau winstep |
Analisis Partial Credit Model |
12 |
Bisa menggunakan software R dalam analisis butir |
Analisis menggunakan Software R |
13 |
1. Menguraikan metode PROX 2. Memaparkan fungsi informasi butir pada model logistik |
Fungsi Informasi |
Referensi :
1. Wim J. van der Linden, 2018, Handbook of Item Response Theory, London, Taylor & francis Group.
2. R. J. de Ayala, 2009, The Theory and Practice of Item Response Theory, London, THE GUILFORD PRESS.
3. Frank B. Baker, Seock-Ho Kim, 2017, The Basics of Item Response Theory Using R, Switzerland , Springer International Publishing AG
- Dosen: 197301092002121001 Dr. I Gede Ratnaya, S.T., M.Pd.
- Enrolled students: 1
Evaluasi Program Pendidikan (S2 PEP)
Mata kuliah ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap macam-macam evaluasi program dan mampu membuat proposal evaluasi program sesuai dengan kebutuhan
- Dosen: 197508012006042001 Dr. Ni Ketut Widiartini, S.Pd., M.Pd.
- Enrolled students: 22