Teori Tes Modern (Item Respons Theory) copy 1

Teori Tes Modern (Item Respons Theory) copy 1

Course modified date: 7 Mar 2022

 

Garis Besar Rencanaan Pembelajaran MK Teori Tes Modern

 

No

Indikator Pencapaian

(kemampuan akhir yg diharapkan)

Bahan Kajian/Materi Pokok

1

3

4

1

1.   Mampu mereviu konsep Teori Tes Klasik

2.   Mampu mengidentifikasi kelemahan Teori tes Klasik

 

Pendahuluan (Teori Tes Klasik)

2

1. Mampu memaparkan konsep-konsep dasar IRT

2. Mampu memaparkan perbandingan teori tes klasik dengan IRT.

 

Komparasi Teori Tes Klasik dengan Teori Tes modern

3

1.  Mampu memahami  skor butir dan skor responden

2. memahami parameter butir dan parameter responden

 

 

Karakteristik Butir Normal

4

1. Menentukan karakteristikbutir logistik L1P

2. Menentukan karakteristikbutir logistik L2P

3. Menentukan karakteristikbutir logistik L2P

 

 

Karakteristik Butir Logistik

5

1. Mengulas distribusi probabilitas normal,

2. Mengulas model ojaif normal,

3. Mengulas macam karakteristik butir (N1P, N2P, N3P)

Teori Responsi Butir Model Ojaif Normal

6

    Menggambar karakteristik butir L1P dengan beberapa komponen butir

Teori Responsi Butir Model L1P

7

Menggambar karakteristik butir L2P dengan beberapa komponen butir

Teori Responsi Butir Model L2P

8

Menggambar karakteristik butir L3P dengan beberapa komponen butir

Teori Responsi Butir Model L3P

9

1. Menguraikan kebolehjadian maksimum

2. Memaparkan estimasi parameter kemampuan

Estimasi Parameter Kemampuan dan Butir

10

1. Membandingkan reliabilitas teori tes klasik dengan reliabilitas teori tes modern

2. Menguraikan cara estimasi galat baku

Estimasi Reliabilitas Pengukuran dan Galat Baku

11

Bisa menggunakan software ministep atau winstep

Analisis Partial Credit Model

12

Bisa menggunakan software R dalam analisis butir

Analisis menggunakan Software R

13

1. Menguraikan metode PROX

2. Memaparkan fungsi informasi butir pada model logistik

Fungsi Informasi

Referensi :

1.     Wim J. van der Linden, 2018, Handbook of Item Response Theory, London, Taylor & francis Group.

2.      R. J. de Ayala, 2009, The Theory and Practice of Item Response Theory, London, THE GUILFORD PRESS.

3.      Frank B. Baker, Seock-Ho Kim, 2017, The Basics of Item Response Theory Using R, Switzerland , Springer International Publishing AG


Evaluasi Program Pendidikan (S2 PEP)

Evaluasi Program Pendidikan (S2 PEP)

Course modified date: 21 Feb 2022

Mata kuliah ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap macam-macam evaluasi program dan mampu membuat proposal evaluasi program sesuai dengan kebutuhan