Teori Tes Modern (Item Respons Theory)
Garis Besar Rencanaan Pembelajaran MK Teori Tes Modern S3 |
No |
Indikator Pencapaian (kemampuan akhir yg diharapkan) |
Bahan Kajian/Materi Pokok |
1 |
3 |
|
1 |
1. Mampu mereview konsep Teori Tes Klasik 2. Mampu mengidentifikasi kelemahan Teori tes Klasik 3. Menghasilkan ide atau gagasan untuk memperkecil kelemahan teori tes modern
|
Ketimpangan Skor Teori Klasik |
2 |
1. Mampu memaparkan konsep-konsep dasar IRT 2. Mampu memaparkan perbandingan teori tes klasik dengan IRT. 3. Menemukan ide untuk melaksanakan kelebihan IRT
|
Teori Responsi Butir (Pendahuluan) |
3 |
1. Menentukan karakteristikbutir logistik L1P 2. Menganalisis hasil pengukuran dengan model L1P 3. menghasilkan ide secara praktis dalam menerapkan model L1P
|
Teori Responsi Butir Model L1P |
4 |
1. Menemukan kelebihan Teori Responsi Butir Model Rasch 2. Mengaplikasikan secara praktis komponen dan besaran dalam Teori Responsi Butir Model Rasch 3. Menentukan karakteristik butir model Rasch 4. Menerapkan prosedur Partial Credit Models (PCM) 5. Menerapkan Rating Scale Models(RSM)
|
Teori Responsi Butir Model Rasch |
5 |
1. Menentukan karakteristikbutir logistik L2P, L3P 2. Menganalisis hasil pengukuran dengan model L2P, L3P 3. menghasilkan ide secara praktis dalam menerapkan model L2P, L3P 4. Menerapkan prosedur Generalized Partial Credit Models (GPCM)
|
Teori Responsi Butir Model L2P, L3P |
6 |
1. Mengaplikasikan estimasi terpisah metode PRO 2. Mengaplikasikan estimasi terpisah metode Maximum Likelihood 3. Mengaplikasikan estimasi terpisah metode Bayes |
Estimasi Parameter Terpisah |
7 |
1. Mengaplikasikan estimasi terpisah metode PRO dalam estimasi parameter serentak 2. Mengaplikasikan estimasi terpisah metode Maximum Likelihooddalam estimasi parameter serentak |
Estimasi Parameter Serentak |
8 |
1. Menerapkan Nominal Categories Models 2. Menerapkan General Graded Response Model (GGRM) 3. Menerapkan Partial Credit Models (PCM) untuk polytommous |
Polytomous IRT |
9 |
1. Menerapkan skala logit 2. Menerapkan satuan ukuran keterbacaan lexile 3. Menerapkan metode kalibrasi |
Sistem Satuan dan Kalibrasi |
10 |
1. Menghasilkan ide praktis dalam prosedur PROX pada pencocokan model 2. Menghasilkan ide praktis dalam menerapkan prosedur kecermatan prediksimodel |
Pencocokan Model Karakteristik |
11 |
1. Menguraikan fungsi informasi butir 2. Menguraikan fungsi informasi ujian 3. Menguraikan fungsi informasi sasaran ujian |
Fungsi Informasi |
12 |
1. mempersiapkan sistem dan struktur bank butir 2. mampu merakit ujian |
Bank Butir dan Perakitan Alat Ukur |
13 |
1. Menguraikan sistem ujian konvensional 2. Menguraikan proses ujian adaptif 3. Menguraikan prosedur pencabangan ujian 4. Menguraikan prosedur kontrol keliru |
Ujian Adaptif |
14 |
1. Menguraikan ketimpangan skor 2. Menuraikan ketidakwajaran skor teori modern |
Ketimpangan Skor Teori Modern |
Referensi :
1. Wim J. van der Linden, 2018, Handbook of Item Response Theory, London, Taylor & francis Group.
2. R. J. de Ayala, 2009, The Theory and Practice of Item Response Theory, London, THE GUILFORD PRESS.
3. Frank B. Baker, Seock-Ho Kim, 2017, The Basics of Item Response Theory Using R, Switzerland , Springer International Publishing AG
- Dosen: 197301092002121001 Dr. I Gede Ratnaya, S.T., M.Pd.
- Enrolled students: 1
Inovasi Model Pemb. dan Model Evaluasi Pemb. Mat
Mendiskusikan ttg INovasi model dan evaluasi pembelajaran matematika
- Dosen: 196208271989031001 Prof.Dr. I Made Ardana, M.Pd.
- Enrolled students: 3
Pengembangan Intrumen Baku
Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman terhadap mahasiswa mengenai langkah-langkah penyusunan instrumen (tes dan non tes) dan meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam menyusun instrumen sesuai dengan langkah-langkah yang benar
- Dosen: 197508012006042001 Dr. Ni Ketut Widiartini, S.Pd., M.Pd.
- Enrolled students: There are no students enrolled in this course.
HOTs, Penelitian dan Publikasi IPS
- Dosen: 196204251990031002 Prof.Dr. I Gede Astra Wesnawa, M.Si.
- Enrolled students: There are no students enrolled in this course.
Analisis Problematik Pembelajaran IPA
Mata kuliah ini berisikan kajian tentang problematika pembelajaran IPA ditinjau dari berbagai aspek yang meliputi: kurikulum, pendidik, peserta didik, proses pembelajaran, asesmen, dan sarana dan prasarana. Melalui mat kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu: (1) Menganalisis problematik pembelajaran IPA ditinjau dari aspek: kurikulum, pendidik, peserta didik, proses pembelajaran, asesmen, (2) Memecahkan problematik pembelajaran IPA ditinjau dari aspek: kurikulum, pendidik, peserta didik, proses pembelajaran, asesmen, dan sarana prasarana.
- Dosen: 195901011984031003 Prof.Dr. Ketut Suma, M.S.
- Dosen: 196212311988031015 Prof.Drs. I Wayan Subagia, M.App.Sc., Ph.D.
- Enrolled students: 4