Bahasa Inggris SD Genap 2023/2024

Bahasa Inggris SD Genap 2023/2024

Course modified date: 2 Mei 2024

Mata kuliah ini berisikan materi keterampilan dasar berbahasa Inggris dalam aspek listening, speaking, reading, writing, vocabulary, dan grammar dengan mengambil  tema – tema yang berhubungan dengan  lingkungan anak usia sekolah dasar dan sesuai dengan kurikulum yang digunakan disekolah dasar. Mata kuliah ini mengkaji tentang kosakata (vocabulary) tentang Alphabets and Numbers, Parts of the Body, Foods and Drinks, Vegetables and Fruits, Animals, School Objects, Things in My House, Greetings and Leave Taking, Feelings and Emotions, Asking and Giving Personal Information, Jobs and Occupations, Clothes and Accessories, Verbs, Transportation and Road Sign, Degrees of Comparison dan menguasai konsep tata bahasa (grammar) tentang articles, demonstrative pronouns, Quantitative Adjective, Main Verbs, Auxiliary Verbs, Singular and Plural Noun,Adjectives, Expression of Like and Dislike, WH Questions, Prepositions, Expression of How to Greet Someone, Leave Taking, Introduction, Expressing Feelings, Giving and Asking Personal Identities, Simple Present Tense, Present Continuous Tense, Action Verbs, Positive Degree, Comparative Degree,dan Superlative Degree di SD (Sekolah Dasar).

Kerajinan Tangan Bali

Kerajinan Tangan Bali

Course modified date: 5 Apr 2024
Seni Budaya Bali

Seni Budaya Bali

Course modified date: 5 Apr 2024
Pembelajaran IPA SD

Pembelajaran IPA SD

Course modified date: 4 Apr 2024

Mata kuliah ini membekali mahasiswa tentang keterampilan merencanakan, melaksanakan, dan mengelola, serta mengevaluasi pembelajaran IPA di SD dengan memanfaatkan pengetahuan tentang materi IPA di SD, metodologi pembelajaran, dan penilaian otentik secara mandiri dan penuh tanggungjawab dengan memanfaatkan TIK.

Pembelajaran Matematika SD

Pembelajaran Matematika SD

Course modified date: 4 Apr 2024

Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan pengetahuan pembelajaran konsep bilangan di Sekolah Dasar, meliputi operasi bilangan, nilai tempat, FPB, KPK dan pecahan, pembelajaran geometri dan pengukuran, serta pembelajaran pengolahan data di Sekolah Dasar, yang berbasis etnomatematika dan dengan pendekatan kontekstual dan PMRI. Proses pembelajaran berbasis proyek kelompok meliputi kegiatan yang mengeksplorasi konteks kultural terkait konsep pembelajaran matematika, baik secara individu maupun berkelompok, serta mendesain pembelajaran berbasis etnomatematika dengan pendekatan PMRI beserta simulasinya. Evaluasi hasil belajar meliputi ujian tengah semester, ujian akhir semester, tugas mandiri, tugas kelompok dan aktivitas kelas.

Keterampilan Berbahasa dan Sastra Indonesia

Keterampilan Berbahasa dan Sastra Indonesia

Course modified date: 4 Apr 2024

Mata kuliah ini membahas secara mendalam tentang konsep pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di sekolah dasar yang diorientasikan pada pendidikan karakter pada K13 Sekolah Dasar. Isi pokok mata kuliah ini meliputi: keterampilan menyimak, keterampilan berbicara, keterampilan membaca, keterampilan menulis, keterampilan bersastra. Dengan mempelajari mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu memahami keterampilan berbahasa Indonesia sehingga di masa yang akan datang mahasiswa akan mampu mengaplikasikan pembelajaran Bahasa Indonesia dengan baik. 

Pendidikan IPS SD

Pendidikan IPS SD

Course modified date: 4 Apr 2024

Mata kuliah ini membekali mahasiswa dalam menguasai konsep ilmu dan pemahan tentang pendidikan IPS serta membekali mahasiswa dalam merancang dan menerapkan metodologi pembelajaran IPS untuk diaplikasikan di SD. Mata kuliah ini, mahasiswa mengkaji; Konsep, hakikat dan Karakteristik, perkembangan pendidikan IPS, keterampilan sosial, dimensi dan struktur, konsep dalam konteks lokal, nasional, dan global; penanaman sikap, nilai, moral dan norma; masalah-masalah sosial aktual; pendekatan, model, strategi metode dalam pembelajaran aktif serta dapat menyusun perencanaan dalam pembelaran IPS SD.

IPA SD Terintegrasi

IPA SD Terintegrasi

Course modified date: 4 Apr 2024

IPA atau Natural Science adalah mata pelajaran yang terintegrasi dalam aspek isi (content) dan aspek keterampilan (skills). Natural science tidak membahas secara tersegmentasi antara aspek biologi, fisika, dan bumi-antariksa, namun pembahasan secara holistik. Natural science tidak membahas capaian belajar tersegmentasi antara pengetahuan (knowledge), keterampilan (skills), dan sikap ilmiah (scientific attitude). Buku IPA terintegrasi dan pembelajarannya membahas tentang Hakikat IPA Terintegrasi; Model-model IPA Terintegrasi; Standar IPA Terintegrasi di Indonesia dan Beberapa Negara; Merancang Pembelajaran IPA Terintegrasi; Penilaian IPA Terintegrasi; Standar Pedagogi IPA Terintegrasi; IPA Terintegrasi Potensi Lokal; Model-model Pembelajaran Inovatif dalam IPA Terintegrasi, dan Contoh-contoh Perangkat Pembelajaran IPA Terintegrasi.

Belajar dan Pembelajaran

Belajar dan Pembelajaran

Course modified date: 4 Apr 2024

Mata kuliah belajar pembelajaran adalah mata kuliah dasar yang harus dikuasai oleh mahasiswa tentang berbagai konsep dasar, teori, proses, tujuan, dan implementasi aktivitas belajar dan pembelajaran. Berbagai aktivitas belajar membutuhkan bentuk model, pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang relevan. Berbekal pemahaman tentang aktivitas belajar dan pembelajaran, serta berbagai komponen terkait (kurikulum yang berlaku, materi, tujuan, sumber belajar, karakteristik peserta didik, dan sebagainya), mahasiswa diharapkan dapat merancang ragam pembelajaran yang relevan, efektif, kreatif, dan inovatif  guna mencapai kompetensi yang diinginkan. Mahasiswa mengenal proses dan hasil belajar serta evaluasi yang dapat dilakukan; mengidentifikasi factor pendukung, factor penghambat, permasalahan yang ada dan mencari solusi strategis guna mengatasinya sehingga efektifitas pembelajaran dapat dimaksimalkan.

Telaah Kurikulum

Telaah Kurikulum

Course modified date: 3 Apr 2024

Mata kuliah ini membahas tentang konsep kurikulum dan pengembangan kurikulum. Kajian perkuliahan mengarahkan mahasiswa untuk dapat memahami hakikat dan fungsi kurikulum, menganalisis perkembangan kurikulum di Indonesia, menganalisis landasan pengembangan kurikulum, menguraikan prinsip dasar pengembangan kurikulum, menganalisis komponen kurikulum, menjelaskan model-model pengembangan kurikulum, menganalisis organisasi dan implementasi kurikulum, monitoring dan evaluasi kurikulum.

Bahasa Inggris SD kls F (Genap 2023/2024)

Bahasa Inggris SD kls F (Genap 2023/2024)

Course modified date: 25 Mar 2024

Mata kuliah ini berisikan materi keterampilan dasar berbahasa Inggris dalam aspek listening, speaking, reading, writing, vocabulary, dan grammar dengan mengambil  tema – tema yang berhubungan dengan  lingkungan anak usia sekolah dasar dan sesuai dengan kurikulum yang digunakan disekolah dasar. Mata kuliah ini mengkaji tentang kosakata (vocabulary) tentang Alphabets and Numbers, Parts of the Body, Foods and Drinks, Vegetables and Fruits, Animals, School Objects, Things in My House, Greetings and Leave Taking, Feelings and Emotions, Asking and Giving Personal Information, Jobs and Occupations, Clothes and Accessories, Verbs, Transportation and Road Sign, Degrees of Comparison dan menguasai konsep tata bahasa (grammar) tentang articles, demonstrative pronouns, Quantitative Adjective, Main Verbs, Auxiliary Verbs, Singular and Plural Noun,Adjectives, Expression of Like and Dislike, WH Questions, Prepositions, Expression of How to Greet Someone, Leave Taking, Introduction, Expressing Feelings, Giving and Asking Personal Identities, Simple Present Tense, Present Continuous Tense, Action Verbs, Positive Degree, Comparative Degree,dan Superlative Degree di SD (Sekolah Dasar).

Bahasa Inggris SD kls G (Genap 2023/2024)

Bahasa Inggris SD kls G (Genap 2023/2024)

Course modified date: 25 Mar 2024

Mata kuliah ini berisikan materi keterampilan dasar berbahasa Inggris dalam aspek listening, speaking, reading, writing, vocabulary, dan grammar dengan mengambil  tema – tema yang berhubungan dengan  lingkungan anak usia sekolah dasar dan sesuai dengan kurikulum yang digunakan disekolah dasar. Mata kuliah ini mengkaji tentang kosakata (vocabulary) tentang Alphabets and Numbers, Parts of the Body, Foods and Drinks, Vegetables and Fruits, Animals, School Objects, Things in My House, Greetings and Leave Taking, Feelings and Emotions, Asking and Giving Personal Information, Jobs and Occupations, Clothes and Accessories, Verbs, Transportation and Road Sign, Degrees of Comparison dan menguasai konsep tata bahasa (grammar) tentang articles, demonstrative pronouns, Quantitative Adjective, Main Verbs, Auxiliary Verbs, Singular and Plural Noun,Adjectives, Expression of Like and Dislike, WH Questions, Prepositions, Expression of How to Greet Someone, Leave Taking, Introduction, Expressing Feelings, Giving and Asking Personal Identities, Simple Present Tense, Present Continuous Tense, Action Verbs, Positive Degree, Comparative Degree,dan Superlative Degree di SD (Sekolah Dasar).

Bahasa Inggris SD kls H (Genap 2023/2024)

Bahasa Inggris SD kls H (Genap 2023/2024)

Course modified date: 25 Mar 2024

Mata kuliah ini berisikan materi keterampilan dasar berbahasa Inggris dalam aspek listening, speaking, reading, writing, vocabulary, dan grammar dengan mengambil  tema – tema yang berhubungan dengan  lingkungan anak usia sekolah dasar dan sesuai dengan kurikulum yang digunakan disekolah dasar. Mata kuliah ini mengkaji tentang kosakata (vocabulary) tentang Alphabets and Numbers, Parts of the Body, Foods and Drinks, Vegetables and Fruits, Animals, School Objects, Things in My House, Greetings and Leave Taking, Feelings and Emotions, Asking and Giving Personal Information, Jobs and Occupations, Clothes and Accessories, Verbs, Transportation and Road Sign, Degrees of Comparison dan menguasai konsep tata bahasa (grammar) tentang articles, demonstrative pronouns, Quantitative Adjective, Main Verbs, Auxiliary Verbs, Singular and Plural Noun,Adjectives, Expression of Like and Dislike, WH Questions, Prepositions, Expression of How to Greet Someone, Leave Taking, Introduction, Expressing Feelings, Giving and Asking Personal Identities, Simple Present Tense, Present Continuous Tense, Action Verbs, Positive Degree, Comparative Degree,dan Superlative Degree di SD (Sekolah Dasar).