Pelatihan Self-Regulated Learning Mewujudkan Kemandirian Belajar dan Keberhasilan Studi Mahasiswa

Self-regulated learning (SRL) adalah proses di mana individu mengontrol dan mengelola pengalaman belajar mereka sendiri. Ini mencakup kemampuan untuk menetapkan tujuan, merencanakan langkah-langkah untuk mencapai tujuan tersebut, memantau kemajuan, serta mengevaluasi hasil dan strategi yang digunakan. Self-Regulated Learning (SRL) melibatkan aspek kognitif, metakognitif, dan afektif, yang memungkinkan siswa untuk menjadi lebih mandiri dan bertanggung jawab dalam proses belajar mereka.

Dalam praktiknya, self-regulated learning dapat mencakup:

  1. Perencanaan: Menetapkan tujuan pembelajaran dan merencanakan cara untuk mencapainya.
  2. Pemantauan: Mengawasi kemajuan dan pemahaman selama proses belajar.
  3. Evaluasi: Menilai hasil belajar dan efektivitas strategi yang digunakan, serta membuat penyesuaian jika diperlukan.

Dengan mengembangkan kemampuan self-regulated learning, mahasiswa dapat meningkatkan motivasi, pencapaian akademis, dan keterampilan problem-solving.


Bahasa Indonesia BK - Kelas A

Bahasa Indonesia BK - Kelas A

Course modified date: 24 Agu 2024

Mata kuliah yang membentuk peserta didik agar memiliki pengetahuan, keterampilan, dan bersikap positif (setia dan bangga) menggunakan bahasa Indonesia yang baik (sesuai konteks) dan benar (sesuai kaidah), serta santun, baik lisan maupun tulisan untuk keperluan akademis dan keahlian tertentu.


Bahasa Indonesia BK - Kelas B

Bahasa Indonesia BK - Kelas B

Course modified date: 24 Agu 2024

Mata kuliah yang membentuk peserta didik agar memiliki pengetahuan, keterampilan, dan bersikap positif (setia dan bangga) menggunakan bahasa Indonesia yang baik (sesuai konteks) dan benar (sesuai kaidah), serta santun, baik lisan maupun tulisan untuk keperluan akademis dan keahlian tertentu.


Wawasan Kependidikan

Wawasan Kependidikan

Course modified date: 8 Agu 2024