MATEMATIKA UNTUK ANAK USIA DINI
- Dosen: 1987061020130501140 I Wayan Ardana, S.Pd., M.Pd.
- Siswa terdaftar: 30
Asesmen dan Evaluasi Pembelajaran PG PAUD
WELCOME!
Hai semua, selamat datang di Mata Kuliah Asesmen dan Evaluasi Pembelajaran. Perkenalkan saya Dewa Ayu Puteri Handayani, sebagai dosen pengampu mata kuliah ini.
Selama satu semester depan, segala materi kuliah dan tugas akan saya masukkan disini. Jadi kalian rajin-rajin buka e-learning untuk mengecek ya!
DESKRIPSI MATA KULIAH
Mata kuliah ini membahas tentang: (1) konsep-konsep dasar asesmen dalam pendidikan, (2) taksonomi belajar dan penerapannya dalam penilaian belajar, (3) instrumen-instrumen yang sesuai dalam pembelajaran dan langkah-langkah mendesian instrumen penilaian belajar, (4) proses validasi instrumen penilaian belajar dan pelaporannya, (5) menganalisis dan melaporkan hasil penilaian pembelajaran (6) penggunaan instrumen penilaian pembelajaran dalam konteks pembelajaran di kelas.
CP MATA KULIAH | ||
| A. | CP Sikap Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila; Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain; Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan; Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik; Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan; Menunjukkan perilaku berdasarkan nilai moral luhur, bersikap empatik dan menghargai adanya perbedaan baik suku, agama, ras, tingkat usia, jenis kelamin, dan status sosial-ekonomi-budaya; Mempunyai ketulusan, komitmen dan kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai dan kemampuan peserta didik; Memiliki kepribadian dan interaksi sosial yang berempatik dan humanis. |
| B. | CP Pengetahuan Menguasai konsep teoretik tentang asesmen dan evaluasi pendidikan Menguasai konsep-konsep tentang taksonomi belajar dan kaitannya dengan perancangan asesmen dan evaluasi pendidikan Menguasai strategi dan teknik penilaian dalam pembelajaran Memahami hakikat instrumen penilaian dalam pembelajaran |
| C. | CP Keterampilan Umum Memiliki kemampuan untuk merancang instrumen penilaian dalam pembelajaran Memiliki kemampuan untuk memvalidasi instrumen penilaian pembelajaran Memiliki kemampuan untuk menganalisis dan melaporkan hasil penilaian pembelajaran Memiliki kemampuan untuk menerapkan strategi dan teknik penilaian pembelajaran |
| D. | CP Keterampilan Khusus Memiliki kemampuan untuk menyusun kisi-kisi instrumen penilaian pembelajaran Memiliki kemampuan untuk melakukan proses validasi yang meliputi validitas isi, validitas empiris, daya beda soal, tingkat kesukaran soal, kualitas pengecoh, dan reliabilitas soal |
- Dosen: 199202122019032013 Dewa Ayu Puteri Handayani, S.Psi., M.Sc.
- Siswa terdaftar: 30