ASESMEN DAN EVALUASI PEMBELAJARAN C (EKOS120302)

ASESMEN DAN EVALUASI PEMBELAJARAN C (EKOS120302)

Course modified date: 30 Aug 2021

II.

CP MATA KULIAH

 

A.

CP Sikap

1)     Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;

2)     Menghargai  keanekaragaman  budaya,  pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;

3)     Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;

4)     Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;

5)     Menunjukkan  sikap  bertanggungjawab  atas pekerjaan  di bidang keahliannya secara mandiri;

6)     Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan;

7)     Menunjukkan perilaku berdasarkan nilai moral luhur, bersikap empatik dan menghargai adanya perbedaan baik suku, agama, ras, tingkat usia, jenis kelamin, dan status sosial-ekonomi-budaya;

8)     Mempunyai ketulusan, komitmen dan kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai dan kemampuan peserta didik;

9)     Memiliki kepribadian dan interaksi sosial yang berempatik dan humanis.


 

 

B.

CP Pengetahuan

1)     Menguasai konsep teoretik tentang asesmen dan evaluasi pendidikan;

2)     Menguasai konsep-konsep tentang taksonomi belajar dan kaitannya dengan perancangan asesmen dan evaluasi pendidikan;

3)     Menguasai strategi dan teknik penilaian dalam pembelajaran;

4)     Memahami hakikat instrumen penilaian dalam  pembelajaran.

 

C.

CP Keterampilan Umum

1)     Memiliki kemampuan untuk merancang instrumen penilaian dalam pembelajaran;

2)     Memiliki kemampuan untuk memvalidasi instrumen penilaian pembelajaran;

3)     Memiliki kemampuan untuk menganalisis dan melaporkan hasil penilaian pembelajaran;

4)     Memiliki kemampuan untuk menerapkan strategi dan teknik penilaian pembelajaran.

 

D.

CP Keterampilan Khusus

1)     Memiliki kemampuan untuk menyusun kisi-kisi instrumen penilaian pembelajaran

2)     Memiliki kemampuan untuk melakukan proses validasi yang meliputi validitas isi, validitas empiris, daya beda soal, tingkat kesukaran soal, kualitas pengecoh, dan reliabilitas soal