Ilmu Kebumian 3AB Ganjil 24/25
Setelah mengikuti perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan memiliki pengetahuan dan wawasan yang lebih luas mengenai ilmu kebumian serta mampu menerapkan konsep-konsep kebumian dalam memahami fenomena-fenomena kebumian melalui penelaahan gejala alam secara fisis. Dalam perkuliahan ini dibahas mengenai : struktur bumi, litosfer, hidrosfer, dan atmosfer. Pelaksanaan perkuliahan menggunakan pendekatan ekspositori dalam bentuk penugasan, diskusi, presentasi, dan pengamatan yang dilengkapi dengan simulasi komputer, juga pendekatan inkuiri dalam rangka tugas pengamatan fenomena kebumian dan penggunaan alat-alat yang berkaitan dengan praktikum kebumian. Di samping itu, mata kuliah ini juga membangun kompetensi kepribadian mahasiswa melalui peningkatan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa dan kompetensi sosial mahasiswa melalui pengembangan sikap sosial dengan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusian berdasarkan agama, moral, dan etika. Dalam mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa dituntut berpartisipasi secara aktif dalam mengklarifikasi pemahaman mereka terhadap konsep-konsep kebumian dan mengerjakan tugas-tugas yang diberikan sebagai bentuk penguatan pengetahuan yang telah dipelajari.
- Dosen: 196311041988032001 Prof.Dr. Ni Made Pujani, M.Si.
- Enrolled students: 2
PENGEMBANGAN WEB IPA
- Dosen: 198803262023212024 Ni Luh Putu Mery Marlinda, M.Pd.
- Enrolled students: There are no students enrolled in this course.
BIOFISIKA salin 1
- Dosen: 198803262023212024 Ni Luh Putu Mery Marlinda, M.Pd.
- Enrolled students: 17
LITERASI LINGKUNGAN ROMBEL 14
- Dosen: 198806142015041001 Putu Prima Juniartina, S.Pd., M.Pd.
- Enrolled students: 28
Kimia Dasar 1A-2024
Mata Kuliah Kimia Dasar I bertujuan meningkatkan kompetensi profesional mahasiswa calon guru IPA yang memberikan dasar pemahaman kimia untuk memperdalam konsep-konsep kimia sekolah dan sebagai dasar untuk mempelajari konsep-konsep kimia lanjut dan mengaitkan dengan konsep-konsep pada bidang IPA. Mata Kuliah ini mempelajari hakekat materi dan perubahannya; struktur atom dan sistem periodik; ikatan kimia dan struktur molekul; konsep-konsep dalam stoikiometri; dan energitika kimia. Kajian difokuskan pada penguasaan mahasiswa tentang pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif yang menjadi dasar dalam memahami konsep-konsep kimia lanjut. Di samping itu, mata kuliah ini juga membangun kompetensi kepribadian mahasiswa melalui peningkatan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa dan kompetensi sosial mahasiswa melalui pengembangan sikap sosial dengan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusian berdasarkan agama, moral, dan etika. Dalam mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa dituntut berpartisipasi secara aktif dalam mengklarifikasi pemahaman mereka terhadap konsep-konsep ilmu kimia dan mengerjakan tugastugas yang diberikan sebagai bentuk penguatan pengetahuan yang telah dipelajari
- Dosen: 1993042020180502354 Ni Putu Merry Yunithasari, S.Pd., M.Pd.
- Enrolled students: 14
Kimia Dasar 1B-2024
Mata Kuliah Kimia Dasar I bertujuan meningkatkan kompetensi profesional mahasiswa calon guru IPA yang memberikan dasar pemahaman kimia untuk memperdalam konsep-konsep kimia sekolah dan sebagai dasar untuk mempelajari konsep-konsep kimia lanjut dan mengaitkan dengan konsep-konsep pada bidang IPA. Mata Kuliah ini mempelajari hakekat materi dan perubahannya; struktur atom dan sistem periodik; ikatan kimia dan struktur molekul; konsep-konsep dalam stoikiometri; dan energitika kimia. Kajian difokuskan pada penguasaan mahasiswa tentang pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif yang menjadi dasar dalam memahami konsep-konsep kimia lanjut. Di samping itu, mata kuliah ini juga membangun kompetensi kepribadian mahasiswa melalui peningkatan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa dan kompetensi sosial mahasiswa melalui pengembangan sikap sosial dengan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusian berdasarkan agama, moral, dan etika. Dalam mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa dituntut berpartisipasi secara aktif dalam mengklarifikasi pemahaman mereka terhadap konsep-konsep ilmu kimia dan mengerjakan tugastugas yang diberikan sebagai bentuk penguatan pengetahuan yang telah dipelajari
- Dosen: 1993042020180502354 Ni Putu Merry Yunithasari, S.Pd., M.Pd.
- Enrolled students: 4
PTK dan Penelitian Pengembangan 2024
Mata kuliah ini bertujuan mengarahkan mahasiswa menguasai dan menganalisis konsep penulisan proposal tindakan kelas dan penelitian pengembangan. Mahasiswa belajar melalui pendekatan saintifik tentang hakikat penelitian tindakan kelas, hakikat penelitian pengembangan R&D, dan model-model pengembangan dan mampu menulis draft proposal PTK dan R&D. Mahasiswa dituntut berpartisipasi secara aktif dalam mengklarifikasi pemahaman mereka terhadap konsep-konsep penelitian tindakan kelas dan pengembangan.
- Dosen: 1993042020180502354 Ni Putu Merry Yunithasari, S.Pd., M.Pd.
- Enrolled students: 15
Filosopi Pendidikan Indonesia 3C - 2024
Mata kuliah ini dirancang untuk memberikan pemahaman mendalam tentang konsep-konsep pokok filsafat, filsafat pendidikan, dan berbagai aliran filsafat pendidikan yang relevan dengan kebijakan dan praktik pendidikan di Indonesia. Mahasiswa akan mempelajari dasar-dasar ilmu yang meliputi ontologi, epistemologi, dan aksiologi, serta bagaimana konsep-konsep ini mendasari kebijakan pendidikan, khususnya Filsafat Pendidikan Pancasila sebagai landasan nasional. Melalui mata kuliah ini, mahasiswa juga akan mengembangkan perspektif terbuka terhadap berbagai paradigma ilmu dan kerangka dasar teori keilmuan. Hal ini bertujuan untuk membekali mereka dengan kemampuan analitis dalam mengkaji dan mengkritisi landasan pendidikan Bahasa Inggris di Indonesia secara kritis. Selain itu, mahasiswa akan dilatih untuk memiliki keterampilan dalam mengelola pembelajaran yang berpihak pada murid, dengan fokus pada konteks lokal kelas dan sekolah. Mata kuliah ini menekankan pentingnya penerapan pendidikan yang berpihak pada murid sebagai upaya mewujudkan sekolah sebagai pusat pengembangan karakter. Mahasiswa akan diajak untuk secara reflektif-kritis menerapkan pembelajaran yang berpihak pada murid, dengan mengacu pada nilai-nilai Filosofi Pendidikan Pancasila. Mata kuliah ini menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis kasus (case-based), berbasis proyek (project-based), dan berbasis masalah (problem-based). Selama perkuliahan, mahasiswa akan terlibat dalam berbagai dialog kritis untuk mendalami materi yang dipelajari. Asesmen dalam mata kuliah ini dilakukan secara variatif dengan menggabungkan proses dan produk (tes dan non-tes). Penilaian akan melihat sejauh mana mahasiswa mampu menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang telah diperoleh selama perkuliahan, serta kemampuan reflektif-kritis dalam menyikapi berbagai tantangan dalam dunia pendidikan. Mata kuliah ini diharapkan dapat membentuk lulusan yang tidak hanya memahami konsep dan teori pendidikan, tetapi juga mampu menerapkannya dalam konteks nyata untuk mewujudkan pendidikan yang adil, inklusif, dan berkarakter.
- Dosen: 1993042020180502354 Ni Putu Merry Yunithasari, S.Pd., M.Pd.
- Enrolled students: There are no students enrolled in this course.
Filosopi Pendidikan Indonesia 3D - 2024
Mata kuliah ini dirancang untuk memberikan pemahaman mendalam tentang konsep-konsep pokok filsafat, filsafat pendidikan, dan berbagai aliran filsafat pendidikan yang relevan dengan kebijakan dan praktik pendidikan di Indonesia. Mahasiswa akan mempelajari dasar-dasar ilmu yang meliputi ontologi, epistemologi, dan aksiologi, serta bagaimana konsep-konsep ini mendasari kebijakan pendidikan, khususnya Filsafat Pendidikan Pancasila sebagai landasan nasional. Melalui mata kuliah ini, mahasiswa juga akan mengembangkan perspektif terbuka terhadap berbagai paradigma ilmu dan kerangka dasar teori keilmuan. Hal ini bertujuan untuk membekali mereka dengan kemampuan analitis dalam mengkaji dan mengkritisi landasan pendidikan Bahasa Inggris di Indonesia secara kritis. Selain itu, mahasiswa akan dilatih untuk memiliki keterampilan dalam mengelola pembelajaran yang berpihak pada murid, dengan fokus pada konteks lokal kelas dan sekolah. Mata kuliah ini menekankan pentingnya penerapan pendidikan yang berpihak pada murid sebagai upaya mewujudkan sekolah sebagai pusat pengembangan karakter. Mahasiswa akan diajak untuk secara reflektif-kritis menerapkan pembelajaran yang berpihak pada murid, dengan mengacu pada nilai-nilai Filosofi Pendidikan Pancasila. Mata kuliah ini menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis kasus (case-based), berbasis proyek (project-based), dan berbasis masalah (problem-based). Selama perkuliahan, mahasiswa akan terlibat dalam berbagai dialog kritis untuk mendalami materi yang dipelajari. Asesmen dalam mata kuliah ini dilakukan secara variatif dengan menggabungkan proses dan produk (tes dan non-tes). Penilaian akan melihat sejauh mana mahasiswa mampu menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang telah diperoleh selama perkuliahan, serta kemampuan reflektif-kritis dalam menyikapi berbagai tantangan dalam dunia pendidikan. Mata kuliah ini diharapkan dapat membentuk lulusan yang tidak hanya memahami konsep dan teori pendidikan, tetapi juga mampu menerapkannya dalam konteks nyata untuk mewujudkan pendidikan yang adil, inklusif, dan berkarakter.
- Dosen: 1993042020180502354 Ni Putu Merry Yunithasari, S.Pd., M.Pd.
- Enrolled students: 4
FILOSOFI PENDIDIKAN_5E_PENDIDIKAN IPA
- Dosen: 198803262023212024 Ni Luh Putu Mery Marlinda, M.Pd.
- Enrolled students: There are no students enrolled in this course.
3B IPA TERAPAN salin 1
Mata kuliah ini bertujuan untuk mengarahkan mahasiswa untuk menguasai sekaligus menerapkan berbagai konsep dasar IPA dalam berbagai bidang kehidupan sehari-hari. Mahasiswa belajar melalui pendekatan saintifik tentang penerapan IPA dalam tiga bidang utama yaitu bidang pertanian, bidang pengolahan pangan dan bidang konservasi air. Mahasiswa dituntut untuk berpartisipasi secara aktif dalam mengklarifikasi pemahaman mereka terkait dengan bagaimana IPA diterapkan dalam kondisi nyata, mengerjakan tugas-tugas yang diberikan sebagai bentuk penguatan pengetahuan IPA terapan, serta mengerjakan tes penguasaan materi IPA terapan yang telah dipelajari.
- Dosen: 198803262023212024 Ni Luh Putu Mery Marlinda, M.Pd.
- Enrolled students: 7
3B IPA TERAPAN
Mata kuliah ini bertujuan untuk mengarahkan mahasiswa untuk menguasai sekaligus menerapkan berbagai konsep dasar IPA dalam berbagai bidang kehidupan sehari-hari. Mahasiswa belajar melalui pendekatan saintifik tentang penerapan IPA dalam tiga bidang utama yaitu bidang pertanian, bidang pengolahan pangan dan bidang konservasi air. Mahasiswa dituntut untuk berpartisipasi secara aktif dalam mengklarifikasi pemahaman mereka terkait dengan bagaimana IPA diterapkan dalam kondisi nyata, mengerjakan tugas-tugas yang diberikan sebagai bentuk penguatan pengetahuan IPA terapan, serta mengerjakan tes penguasaan materi IPA terapan yang telah dipelajari.
- Dosen: 198803262023212024 Ni Luh Putu Mery Marlinda, M.Pd.
- Enrolled students: 5
IPA TERAPAN_3B GANJIL 2024/2025
Mata kuliah ini bertujuan untuk mengarahkan mahasiswa untuk menguasai sekaligus menerapkan berbagai konsep dasar IPA dalam berbagai bidang kehidupan sehari-hari. Mahasiswa belajar melalui pendekatan saintifik tentang penerapan IPA dalam tiga bidang utama yaitu bidang pertanian, bidang pengolahan pangan
dan bidang konservasi air.- Dosen: 198803262023212024 Ni Luh Putu Mery Marlinda, M.Pd.
- Enrolled students: 14
Metodologi Penelitian Pendidikan IPA 2024
Mata Kuliah metodologi penelitian membahas tentang hakikat penelitian; proses inkuiri ilmiah; jenis-jenis, rancangan, variabel penelitian; populasi dan sampel; subjek dan objek, instrumen; teknik pengumpulan data, teknik pengolahan, teknik penyajian data; dan cara penulisan usulan skripsi. Mata kuliah ini diberikan untuk membangun kompetensi profesional calon guru IPA di bidang penelitian pendidikan IPA. Di samping itu mata kuliah ini juga dapat membangun kompetensi kepribadian mahasiswa melalui peningkatan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa dan kompetensi sosial mahasiswa melalui pengembangan sikap sosial dengan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusian berdasarkan agama, moral, dan etika. Dalam mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa dituntut berpartisipasi secara aktif dalam mengklarifikasi pemahaman mereka terhadap konsep-konsep metodologi penelitian dan mengerjakan tugas-tugas yang diberikan sebagai bentuk penguatan pengetahuan yang telah dipelajari.
- Dosen: 198906252015041001 Kompyang Selamet, S.Pd., M.Pd.
- Enrolled students: 33
Etnosains dan Kearifan Lokal 2024
Mata kuliah ini bertujuan mengarahkan mahasiswa menguasai konsep etnosains dan kearifan lokal serta menganalisis relevansinya dengan materi dan pembelajaran IPA. Mahasiswa belajar konsep etnosains dan kearifan lokal serta konsep yang berhubungan dengan etnosains, wujud dan unsur budaya, etnosains dan kearifan lokal di beberapa daerah; rekonstruksi sains ilmiah berbasis kearifan lokal/etnosains Bali dalam bidang pengobatan, pertanian, seni, konservasi lingkungan alam, nilai sosial (budaya) dan spiritual; melakukan kunjungan lapangan untuk menggali etnosains yang relevan dengan materi IPA; dan pengembangan pembelajaran IPA berbasis kearifan lokal/etnosains Bali. Mahasiswa dituntut berpartisipasi secara aktif dalam mengklarifikasi pemahaman mereka terhadap konsep-konsep etnosains dan kearifan lokal, mengerjakan laporan kunjungan lapangan dan tugas-tugas yang diberikan sebagai bentuk penguatan pengetahuan etnosains dan kearifan lokal serta mengerjakan tes penguasaan konsep etnosains dan kearifan lokal yang telah dipelajari.
- Dosen: 198906252015041001 Kompyang Selamet, S.Pd., M.Pd.
- Enrolled students: 31
FISIKA DASAR 1A 24
- Dosen: 198806142015041001 Putu Prima Juniartina, S.Pd., M.Pd.
- Enrolled students: 22
FISIKA DASAR 1B 24
- Dosen: 198806142015041001 Putu Prima Juniartina, S.Pd., M.Pd.
- Enrolled students: 25
FISIKA TPB BIOTEK
- Dosen: 198806142015041001 Putu Prima Juniartina, S.Pd., M.Pd.
- Enrolled students: 8
FILOSOFI PEND INDO 1A 24
- Dosen: 198806142015041001 Putu Prima Juniartina, S.Pd., M.Pd.
- Enrolled students: 23
Pendidikan Inklusi salin 3
Mata Kuliah ini membahas tentang kebijakan pendidikan inklusi, pelaksanaan pendidikan inklusi, dan sistem dukungan pendidikan inklusi yang dilakukan dengan metode problem based learning (PBL) melalui ekspositori, diskusi, penugasan, dan presentasi
- Dosen: 2439011066 Kadek ayu astiti
- Enrolled students: 15