Bahasa Indonesia SD

Bahasa Indonesia SD

Course modified date: 19 Nov 2024
3IKI Pendidikan Inklusi

3IKI Pendidikan Inklusi

Course modified date: 15 Nov 2024
Pendidikan inklusi adalah pendekatan dalam sistem pendidikan yang bertujuan untuk memberikan kesempatan belajar yang setara bagi semua siswa, tanpa memandang perbedaan kemampuan, kebutuhan khusus, latar belakang, atau kondisi sosial. Pendekatan ini berfokus pada integrasi siswa dengan berbagai kebutuhan ke dalam lingkungan belajar yang sama, sehingga mereka dapat berinteraksi, belajar, dan berkembang bersama dengan teman-teman sebayanya. Pendidikan inklusi menekankan pentingnya adaptasi metode pengajaran, kurikulum, serta lingkungan fisik untuk memastikan bahwa semua siswa dapat mencapai potensi penuh mereka dengan dukungan yang sesuai dan adil.
3E Strategi dan Desain Pembelajaran

3E Strategi dan Desain Pembelajaran

Course modified date: 15 Nov 2024

Mata kuliah Strategi Pembelajaran mempelajari berbagai pendekatan, metode, dan teknik yang digunakan untuk merancang dan mengimplementasikan proses pembelajaran yang efektif sesuai karakteristik siswa dan konten pengetahuan. Dalam mata kuliah ini, mahasiswa akan belajar bagaimana mengidentifikasi kebutuhan belajar siswa, merancang rencana pembelajaran dan perangkat pendukungnya yang sesuai dengan karakteristik siswa dan konten pengetahuan, serta mengevaluasi efektivitas dari strategi yang digunakan. Tujuan utama dari mata kuliah ini adalah untuk membekali mahasiswa dengan keterampilan dan pengetahuan metodik yang diperlukan untuk menjadi pendidik yang mampu menciptakan lingkungan belajar yang produktif dan mendukung.

3D Strategi dan Desain Pembelajaran

3D Strategi dan Desain Pembelajaran

Course modified date: 15 Nov 2024

Mata kuliah Strategi Pembelajaran mempelajari berbagai pendekatan, metode, dan teknik yang digunakan untuk merancang dan mengimplementasikan proses pembelajaran yang efektif sesuai karakteristik siswa dan konten pengetahuan. Dalam mata kuliah ini, mahasiswa akan belajar bagaimana mengidentifikasi kebutuhan belajar siswa, merancang rencana pembelajaran dan perangkat pendukungnya yang sesuai dengan karakteristik siswa dan konten pengetahuan, serta mengevaluasi efektivitas dari strategi yang digunakan. Tujuan utama dari mata kuliah ini adalah untuk membekali mahasiswa dengan keterampilan dan pengetahuan metodik yang diperlukan untuk menjadi pendidik yang mampu menciptakan lingkungan belajar yang produktif dan mendukung.

7C Pembelajaran Bahasa Inggris di SD

7C Pembelajaran Bahasa Inggris di SD

Course modified date: 15 Nov 2024

Relevansi dan cakupan materi pembelajaran mata kuliah ini sesuai dengan bahan, kajian/ pokok bahasan dan CPMK, yaitu mata kuliah pembelajaran Bahasa Inggris di SD ini berisi pokok bahasan tentang KI, KD Bahasa Inggris di SD, karakteristik perkembangan anak, teori perolehan dan perkembangan bahasa anak, prinsip pembelajaran bahasa Inggris untuk anak, metode pembelajaran bahasa Inggris untuk anak, media pembelajaran bahasa Inggris di SD, contohnya seperti : flash card, story book, rhymes, movie, internet, dan teknologi lainnya, Teaching Listening to Children, Teaching Speaking to Children, Teaching Reading to Children, Teaching Writing to Children, Assessment dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di SD, RPP/ Bahan Ajar Bahasa Inggris di SD. Di akhir perkuliahan , mahasiswa diharapkan mampu untuk menghasilkan pengembangan metode dan strategi belajar yang kreatif dan inovatif dalam pembelajaran bahasa Inggris untuk anak-anak dan pengembangan perangkat serta media pembelajaran bahasa inggris untuk anak-anak berbasis teknologi.

7B Pembelajaran Bahasa Inggris di SD

7B Pembelajaran Bahasa Inggris di SD

Course modified date: 15 Nov 2024

Relevansi dan cakupan materi pembelajaran mata kuliah ini sesuai dengan bahan, kajian/ pokok bahasan dan CPMK, yaitu mata kuliah pembelajaran Bahasa Inggris di SD ini berisi pokok bahasan tentang KI, KD Bahasa Inggris di SD, karakteristik perkembangan anak, teori perolehan dan perkembangan bahasa anak, prinsip pembelajaran bahasa Inggris untuk anak, metode pembelajaran bahasa Inggris untuk anak, media pembelajaran bahasa Inggris di SD, contohnya seperti : flash card, story book, rhymes, movie, internet, dan teknologi lainnya, Teaching Listening to Children, Teaching Speaking to Children, Teaching Reading to Children, Teaching Writing to Children, Assessment dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di SD, RPP/ Bahan Ajar Bahasa Inggris di SD. Di akhir perkuliahan , mahasiswa diharapkan mampu untuk menghasilkan pengembangan metode dan strategi belajar yang kreatif dan inovatif dalam pembelajaran bahasa Inggris untuk anak-anak dan pengembangan perangkat serta media pembelajaran bahasa inggris untuk anak-anak berbasis teknologi.

Manajemen Berbasis Sekolah Kelas K, L, M, N, O, P, Q

Mata kuliah ini menuntut perserta didik untuk menguasai konsep teori dan kemampuan mengaplikasikan dan atau mengkaji, merancang, memanfaatkan konsep teori tersebut dalam memecahkan masalah pendidikan yang terkait dengan: (1) Konsep Dasar Manajemen dan Manajemen Berbasis Sekolah, (2) Pihak-pihak yang terlibat di dalam Manajemen Berbasis Sekolah, (3) Faktor-faktor yang memengaruhi keberhasilan dan kegagalan implementasi Manajemen Berbasis Sekolah, (4) Komponen-komponen Manajemen Berbasis Sekolah, (5) Efektivitas, efisiensi, dan produktivitas Manajemen Berbasis Sekolah; (6) Kepemimpinan dalam Manajemen Berbasis Sekolah; (7) Koordinasi dan Komunikasi dalam Manajemen Berbasis Sekolah; (8) Efisiensi Koordinasi Supervisi Pendidikan, (9) Analisis SWOT dalam Manajemen Berbasis Sekolah, (10) Monitoring dan Evaluasi (Monev) Manajemen Berbasis Sekolah, (11) Peran Stakeholders dalam Manajemen Berbasis Sekolah.


KETERAMPILAN IPA SD SEMESTER 3 TA 2024/2025

KETERAMPILAN IPA SD SEMESTER 3 TA 2024/2025

Course modified date: 23 Oct 2024

 Mata kuliah ini merupakan mata kuliah praktikum IPA yang membahas tentang pengembangan keterampilan      IPA berkaitan dengan (a) pengukuran, (b) gaya dan gerak, (c) pesawat sederhana, (d) cahaya, (e) magnet, (f) listrik, (g) tata surya, heart Bumi, (i) materi dan perubahannya, (j) asam, basa, dan garam, (k) tumbuhan, (l) hewan, (m) manusia, dan No lingkungan.

Pendidikan Inklusi Rombel 30, 31, 34 salin 1

Pendidikan Inklusi Rombel 30, 31, 34 salin 1

Course modified date: 16 Oct 2024

Pendidikan inklusi adalah pendekatan dalam sistem pendidikan yang bertujuan untuk mengakomodasi semua peserta didik, termasuk anak-anak dengan kebutuhan khusus atau disabilitas, dalam lingkungan pendidikan yang sama. Prinsip utama pendidikan inklusi adalah memastikan setiap anak memiliki akses yang setara terhadap pendidikan tanpa diskriminasi. Pendekatan ini menekankan pentingnya menghargai keragaman dan perbedaan individu serta memberikan dukungan yang sesuai untuk memenuhi kebutuhan spesifik setiap siswa.


PENDIDIKAN INKLUSI ROMBEL 30, 31, 34

PENDIDIKAN INKLUSI ROMBEL 30, 31, 34

Course modified date: 16 Oct 2024

Pendidikan inklusi adalah pendekatan dalam sistem pendidikan yang bertujuan untuk mengakomodasi semua peserta didik, termasuk anak-anak dengan kebutuhan khusus atau disabilitas, dalam lingkungan pendidikan yang sama. Prinsip utama pendidikan inklusi adalah memastikan setiap anak memiliki akses yang setara terhadap pendidikan tanpa diskriminasi. Pendekatan ini menekankan pentingnya menghargai keragaman dan perbedaan individu serta memberikan dukungan yang sesuai untuk memenuhi kebutuhan spesifik setiap siswa.

Filosofi Pendidikan Indonesia_Kelas I_Semester I

Filosofi Pendidikan Indonesia_Kelas I_Semester I

Course modified date: 14 Oct 2024
Pembelajaran Berdiferensiasi

Pembelajaran Berdiferensiasi

Course modified date: 2 Oct 2024

Mata kuliah pembelajaran berdiferensiasi bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan tentang pembelajaran berdiferensiasi. Mata kuliah ini bermanfaat bagi mahasiswa dalam merancang pembelajaran berdiferensiasi dari segi konten, proses, dan produk yang sesuai dengan kebutuhan siswa serta dapat menentukan asesmen yang relevan untuk menilai proses dan produk belajar siswa. Materi yang dibahas dalam mata kuliah ini mencakup Konsep Dasar dan Prinsip-prinsip Pembelajaran Berdiferensiasi, Pemetaan Kebutuhan Belajar Siswa, Peran Guru dalam Pembelajaran Berdiferensiasi, Elemen Pembelajaran Berdiferensiasi, Variasi Media dalam Pembelajaran Berdiferensiasi, Pengelolaan Kelas dalam Pembelajaran Berdiferensiasi, Integrasi Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Model Pembelajaran Project-based Learning, Asesmen dalam Pembelajaran Berdiferensiasi, Telaah Modul Ajar Berdiferensiasi, Perancangan Modul Ajar Berdiferensiasi. Perkuliahan dilaksanakan melalui pengalaman belajar berbasis student-centered learning yang mana mahasiswa belajar melalui model case-based learning dan project-based learning. Case-based learning digunakan dalam menganalisis perbedaan kebutuhan peserta didik dalam pembelajaran, sedangkan project-based learning diterapkan dalam kegiatan merancang materi, strategi, media, dan asesmen pembelajaran berdiferensiasi. Pemenuhan capaian pembelajaran mata kuliah dievaluasi melalui penilaian sikap dan partisipasi, penilaian proses berupa portofolio, ujian tengah dan projek akhir semester.


Sejarah dan Multikultural SD

Sejarah dan Multikultural SD

Course modified date: 30 Sep 2024

Mata kuliah ini memuat materi tentang konsep Hakekat Sejarah, Perkembangan Sejarah, Problematika Sejarah, Hakekat Multikultural, Pendidikan Multikultural dan Isu Disintegrasi Bangsa yang memberikan pengetahuan konseptual untuk mampu melakukan pembelajaran di sekolah dasar. Selain pengetahuan konseptual melalui mata kuliah ini, mahasiswa juga memiliki keterampilan berpikir logis, kritis, sistematis, kinerja mandiri, bermutu, dan terukur berlandaskan sikap taqwa, etika, Kerjasama, dan menghargai pendapat orang lain.

Pendidikan Inklusi salin 9

Pendidikan Inklusi salin 9

Course modified date: 30 Sep 2024

Pendidikan inklusif adalah sistem penyelenggaraan pendidikan yang memberikan kesempatan kepada semua peserta didik yang memiliki kelainan dan memiliki potensi kecerdasan dan/atau bakat istimewa untuk mengikuti pendidikan atau pembelajaran dalam satu lingkungan pendidikan secara bersama-sama dengan peserta didik pada umumnya

Pendidikan Inklusi salin 8

Pendidikan Inklusi salin 8

Course modified date: 13 Sep 2024

konsep pendidikan inklusif adalah sistem pendidikan yang terbuka untuk seluruh peserta didik, termasuk Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Dalam sistem pendidikan ini, baik peserta didik umum dan ABK ditempatkan dalam satu kelas yang sama.

Bahasa Inggris SD Kelas M PGSD

Bahasa Inggris SD Kelas M PGSD

Course modified date: 12 Sep 2024