Landasan Pembelajaran

Landasan Pembelajaran

Course modified date: 14 Oct 2019
Mata kuliah ini mengkaji aspek-aspek belajar dan pembelajaran dalam kajian teori dan profesi, dan implikasinya dalam proses pembelajaran, serta aplikasi aspek-aspek belajar dan pembelajaran untuk setiap jenjang pendidikan

Teori Teknologi Pembelajaran

Teori Teknologi Pembelajaran

Course modified date: 11 Oct 2019

Mata Kuliah Teknologi Pembelajaran yang diprogramkan untuk Mahasiswa Program Studi Teknologi Pembelajaran Semester II bertujuan memfasilitasi mahasiswa agar mampu memiliki pemahaman mendalam tentang Teknologi Pembelajaran, yang menguasai pengembangan kompetensi profesional berbasis pemahaman paradigma teknologi pembelajaran menurut paradigma 1994 dan 2004 yang meliputi lima kawasan utama yakni desain, pengembangan, pemanfaatan, pengelolaan, dan evaluasi yang semuanya tetap memperhatikan pada kode etik atau etika  selaku teknolog pembelajaran.

Untuk mencapai tujuan tersebut, materi kajiannya mencakup: (1) Pengenalan beberapa definisi Teknologi Pendidikan,

; (2) sejarah perkembangan TP dan istilah Teknologi Pendidikan dan Teknologi Pembelajaran, (3) Kawasan Teknologi Pendidikan menurut AECT 1994 dan 2004; (4) Profesi Teknologi Pendidikan, etika, kompetensi, dan ruang lingkup kerja lulusan TP,  (5) Apliksai dan Peran Teknologi Pendidikan di Indonesia

, (6) Perkembangan Teknologi Pendidikan di negara Singapura, Malaysia, Brunei Darussalam dan komparasinya, (7) Peran TP di Era Digital

 

Media Pembelajaran 3: Hypermedia Kelas A

Media Pembelajaran 3: Hypermedia Kelas A

Course modified date: 15 Oct 2019
MEDIA PEMBELAJARAN 3: HYPERMEDIA

sks: 2 sks

Dosen: Dr. I Gde Wawan Sudatha, S.Pd., S.T., M.Pd.

Email: igdewawans@undiksha.ac.id

Hypermedia image














Media Pembelajaran 3: Hypermedia Kelas B

Media Pembelajaran 3: Hypermedia Kelas B

Course modified date: 4 Oct 2019
MEDIA PEMBELAJARAN 3: HYPERMEDIA
sks: 2 sks
Dosen: Dr. I Gde Wawan Sudatha, S.Pd., S.T., M.Pd.
Email: igdewawans@undiksha.ac.id

Hypermedia image














Media Pembelajaran 3: Hypermedia Kelas C

Media Pembelajaran 3: Hypermedia Kelas C

Course modified date: 4 Oct 2019
MEDIA PEMBELAJARAN 3: HYPERMEDIA
sks: 2 sks
Dosen: Dr. I Gde Wawan Sudatha, S.Pd., S.T., M.Pd.
Email: igdewawans@undiksha.ac.id

Hypermedia image














Metodologi Penelitian

Metodologi Penelitian

Course modified date: 23 June 2020

Dosen Pengampu: I Wayan Santyasa

Kode MK e-Learning: MP2020

Filsafat Ilmu

Filsafat Ilmu

Course modified date: 7 Oct 2019
Teknologi Pendidikan

Teknologi Pendidikan

Course modified date: 17 Sept 2019

Mata Kuliah Teknologi Pembelajaran yang diprogramkan untuk Mahasiswa Program Studi Teknologi Pembelajaran Semester II bertujuan memfasilitasi mahasiswa agar mampu memiliki pemahaman mendalam tentang Teknologi Pembelajaran, yang menguasai pengembangan kompetensi profesional berbasis pemahaman paradigma teknologi pembelajaran menurut paradigma 1994 dan 2004 yang meliputi lima kawasan utama yakni desain, pengembangan, pemanfaatan, pengelolaan, dan evaluasi yang semuanya tetap memperhatikan pada kode etik atau etika  selaku teknolog pembelajaran.

Untuk mencapai tujuan tersebut, materi kajiannya mencakup: (1) Pengenalan beberapa definisi Teknologi Pendidikan, (2) sejarah perkembangan TP dan istilah Teknologi Pendidikan dan Teknologi Pembelajaran, (3) Kawasan Teknologi Pendidikan menurut AECT 1994 dan 2004; (4) Profesi Teknologi Pendidikan, etika, kompetensi, dan ruang lingkup kerja lulusan TP,  (5) Apliksai dan Peran Teknologi Pendidikan di Indonesia, (6) Perkembangan Teknologi Pendidikan di negara Singapura, Malaysia, Brunei Darussalam dan komparasinya, (7) Peran TP di Era Digital

Media Pembelajaran 2 : Multimedia

Media Pembelajaran 2 : Multimedia

Course modified date: 4 Oct 2019

Mata kuliah Media Pembelajaran 2 – Multimedia merupakan mata kuliah bagi mahasiswa Program Studi Teknologi Pembelajaran (Prodi S2-TeP), karena merupakan ciri khas keahlian yang harus dimiliki lulusan Prodi TP sesuai dengan perkembangan teknologi informasi terutama multimedia. Dalam matakuliah ini dibahas mengenai sistem informasi multimedia dengan tiga komponen utama teknologi multimedia yaitu konten, infrastruktur, dan tools multimedia. Dengan mengikuti matakuliah ini para mahasiswa diharapkan memiliki keahlian untuk mengembangkan sistem informasi berbasis teknologi multimedia untuk pendidikan dalam bentuk CD dan web site.

Prof. Dr. I Wayan Santyasa, M.Si

Prof. Dr. I Wayan Santyasa, M.Si

Course modified date: 3 July 2019

Mata kuliah ini bertujuan memfasilitasi mahasiswa dalam pengembangan kompetensi kepribadian berbasis pemahaman dan penerapan filsafat ilmu yang melandasi kajian teknologi pembelajaran. Topik-topik perkuliahan mencakup: perkembangan filsafat dan ilmu pengetahuan; pengertian, hubungan, dan perbedaan pengetahuan, ilmu pengetahuan, filsafat dan filsafat ilmu pengetahuan; kedudukan filsafat ilmu pengetahuan dalam sistem filsafat dan ruang lingkupnya; hakikat ilmu pengetahuan: ontologi, epistemologi, aksiologi kaitannya dengan kajian teknologi pembelajaran; dimensi dan struktur ilmu; metode keilmuan dan pengembangan ilmu pengetahuan dalam kajian penelitian teknologi pembelajaran.

Prof. Dr. I Wayan Santyasa, M.Si

Prof. Dr. I Wayan Santyasa, M.Si

Course modified date: 3 July 2019

Mata kuliah ini bertujuan memfasilitasi mahasiswa dalam pengembangan kompetensi kepribadian berbasis pemahaman dan penerapan filsafat ilmu yang melandasi kajian teknologi pembelajaran. Topik-topik perkuliahan mencakup: perkembangan filsafat dan ilmu pengetahuan; pengertian, hubungan, dan perbedaan pengetahuan, ilmu pengetahuan, filsafat dan filsafat ilmu pengetahuan; kedudukan filsafat ilmu pengetahuan dalam sistem filsafat dan ruang lingkupnya; hakikat ilmu pengetahuan: ontologi, epistemologi, aksiologi kaitannya dengan kajian teknologi pembelajaran; dimensi dan struktur ilmu; metode keilmuan dan pengembangan ilmu pengetahuan dalam kajian penelitian teknologi pembelajaran.

Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum

Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum

Course modified date: 2 July 2019

Mata kuliah ini bertujuan memfasilitasi mahasiswa dalam pengembangan kompetensi profesional berbasis wawasan luas tentang kurikulum dari aspek kerangka dasar dan struktur, komponen, serta perangkat kompetensi yang ingin dicapai sesuai dengan jenis dan jenjang pendidikan. Topik-topik perkuliahan mencakup: landasan teoritik-konseptual kurikulum dan perubahannya; tujuan, isi, dan metode pembelajaran; upaya-upaya pencapaian tujuan pembelajaran; prinsip perencanaan dan pengembangan kurikulum; pendekatan dan model pengembangan kurikulum; pengembangan silabus: konsepsi standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator hasil belajar, standar kelulusan belajar minimal, pengalaman belajar, materi pembelajaran, skenario pembelajaran, asesmen dan penilaian pembelajaran; latihan pengembangan silabus dengan model matriks.