Page: 1 2 3 ()

Pemahaman terhadap ilmu ukur tanah diperlukan sebagai dasar memahami proses pengukuran yang baik dan benar, baik pengukuran jarak langsung ataupun tak langsung serta pengukuran poligon. Lingkup materi yang diajarkan pada mahasiswa terdiri dari: pengantar ilmu ukur tanah, pengukuran jarak langsung, pengukuran jarak elektronis, sipar datar, kerangka dasar pemetaan, pengukuran detil, penggambaran. Materi tersebut akan disampaikan dalam proses pembelajaran yang menggunakan media pembelajaran yang relevan dan didukung oleh kegiatan praktek.


1.     Mahasiswa mampu menjelaskan dasar-dasar anatomi

 

Kuliah interaktif

 

Dasar-dasar anatomi

Kuliah 1 x 100 menit

 

Sobotta Bab Sistema Integumen

 

Buku ajar histologi

 

Buku ajar fisiologi Guyton and Hall

MCQ

Pretest

Responsi


Mata kuliah ini mengantarkan mahasiswa untuk mencapai kompetensi: 1) Konsep dasar perilaku; 2) Teori-teori pembentukan Perilaku; 3) Metode-metode pemahaman perilaku; 4) Teori-teori pengembangan/modifikasi perilaku; 5) Kajian-kajian empirik pengembangan/modifikasi perilaku; 6) Proyek penyusunan studi kasus dalam mengembangkan/memodifikasi perilaku. Penguasaan kompetensi mahasiswa dinilai melalui evaluasi proses dan evaluasi produk (meliputi: tes tertulis, portofolio, unjuk kerja, dan proyek).

Infeksi Saluran Kemih (ISK) adalah suatu keadaan yang disebabkan karena adanya invasi bakteri pada saluran kemih. Dalam keadaan normal, urin juga mengandung mikroorganisme, umumnya sekitar 10² hingga 104 bakteri/ml urin. Pasien dikatakan menderita ISK bila urinnya mengandung lebih dari 105 bakteri/ml Terjadinya ISK bergantung pada banyak faktor seperti usia, jenis kelamin, prevalensi bakteriuria dan faktor predisposisi yang menyebabkan perubahan struktur saluran kemih termasuk ginjal. ISK paling sering terjadi pada anak dan lansia dengan angka kejadian 1:100 pertahun. Perempuan cenderung lebih sering menderita ISK dibandingkan laki-laki. Penderita infeksi saluran kemih dapat tidak mengalami gejala, namun umumnya mempunyai gejala yang terkait dengan tempat dan keparahan infeksi. Gejala-gejalanya meliputi menggigil, demam, nyeri pinggang, mual atau muntah, disuria, nyeri suprapubik, dan hematuria yang biasanya terkait dengan sistitis. Menurut klinisnya, ISK dibagi menjadi 2 yaitu infeksi saluran kemih tanpa komplikasi dan infeksi saluran kemih terkomplikasi.

Kolesistitis adalah inflamasi dinding kandung empedu yang dapat bersifat akut dan kronis. Faktor yang mempengaruhi timbulnya serangan kolesistitis akut adalah stasis cairan empedu, infeksi kuman dan iskemia dinding kandung empedu. Penyebab utama kolesistitis akut adalah batu kandung empedu (90%) sedangkan sebagian kecil kasus (10%) timbul tanpa adanya batu empedu (kolesistitis akut akalkulus). Terdapat berbagi faktor resiko lainnya yang menyebabkan terjadinya kolesistitis. Faktor resiko yang dapat dimodifikasi adalah obesitas, obat-obatan khususnya terapi hormonal pada wanita dan kehamilan. Faktor resiko yang tidak dapat dimodifikasi adalah jenis kelamin wanita dan peningkatan usia.

Kolesistitis akut umumnya terjadi akibat sumbatan duktus sistikus yang menyebabkan stasis cairan empedu dan terjadi distensi kandung empedu. Distensi kandung empedu menyebabkan aliran darah dan limfe menjadi terganggu sehingga terjadi iskemia dan nekrosis dinding kandung empedu. Meskipun begitu, mekanisme pasti bagaimana stasis di duktus sistikus dapat menyebabkan kolesistitis akut ,sampai saat ini masih belum jelas. Peradangan yang disebabkan oleh bakteri mungkin berperan pada 50 sampai 85 persen pasien kolesistitis akut. Organisme yang paling sering dibiak dari kandung empedu para pasien ini adalah E. Coli, spesies Klebsiella, Streptococcus grup D, spesies Staphylococcus dan spesies Clostridium. Endotoxin  yang dihasilkan oleh organisme – organisme tersebut dapat menyebabkan hilangnya lapisan mukosa, perdarahan, perlekatan fibrin, yang akhirnya menyebabkan iskemia dan selanjutnya nekrosis dinding kandung empedu

Kolesistitis juga sering dikenal dengan 4F yaitu female, forty, fertile, fat yang artinya kolesistitis sering ditemukan pada wanita usia subur atau usia 40 tahun dengan status gizi overweight atau obesitas. Diagnosis kolesistitis akut biasanya dibuat beradasarkan riwayat yang khas dan pemeriksaan fisik. Trias yang terdiri dari nyeri akut kuadran kanan atas, demam dan leukositosis sangat sugestif.


Mata Kuliah teori himpunan dan logika matematika dirancang untuk memperdalam pondasi dasar logis dan matematis mahasiswa agar dapat memahami mata kuliah lain, seperti Kalkulus, Aljabar, Teori Bilangan, dan lain-lain dengan baik. Dalam Pengantar Dasar Matematika, mahasiswa akan memperdalam wawasan mengenai logika matematika (pernyataan dan kalimat terbuka, kata hubung (konjungsi, disjungsi, negasi, implikasi, biimplikasi),operasi dasar logika, table kebenaran, tautologi, kontradiks)i, teori himpunan (definisi, himpunan bagian, operasi pada himpunan, teorema mengenai kardinalitas himpunan, himpunan kuasa, induksi matematika), relasi (representasi relasi, jenis-jenis relasi, partisi), dan fungsi (domain, kodomain, range, fungsi injektif, surjektif, dan bijektif). Materi ini sangat penting menjadi landasan mahasiswa agar dapat mengembangkan nalar yang logis dan matematis.

Dalam course ini mahasiswa diharapkan  dapat menjelaskan siklus refrigerasi  kompresi uap, absorpsi  dan siklus refrigerasi termoelektrik

Page: 1 2 3 ()