PANCASILA (ROMBEL 27 JUMAT AB)

PANCASILA (ROMBEL 27 JUMAT AB)

Course modified date: 22 Sept 2021

“Mata kuliah ini mempunyai prasyarat bahwa mahasiswa telah menguasai konsep-konsep dasar awal di sekolah menengah di bidang politik, hukum, pemerintahan, Dasar Negara Indonesia dan ideologi Pancasila serta keterampilan sosial dasar dalam berkomunikasi dan presentasi ilmiah. Mata kuliah Pancasila merupakan salah satu mata kuliah wajib umum (MKWU) yang harus ada di Perguruan Tinggi sesuai UU Nomor 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinngi. Sebagai salah satu mata kuliah yang esensial dengan memeliki bobot 2 sks maka mata kuliah ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis, penalaran nilai, dan keterampilan sosial mahasiswa untuk dapat menunjukkan partisipasi sosial politiknya dalam pengambilan keputusan-keputusan publik barkaitan dengan Pancasila sebagai dasar negara dan Ideologi Bangsa dan Negara. Untuk mencapai tujuan tersebut dalam mata kuliah ini mahasiswa akan diajak untuk mengkaji persoalan-persoalan konsep dan nilai-nilai yang mencakup materi Pendidikan Pancasila Dalam Sistem Pendidikan Nasional Indonesia mengenai latar belakang, landasan, hakikat, visi, misi, dan tujuan Pendidikan Pancasila; Pancasila dalam perspektif sejarah perjuangan bangsa Indonesia; Pancasila sebagai sistem nilai dan filsafat: Pancasila sebagai idiologi nasional; Lambang Garuda Pancasila; Pancasila sebagai etika politik; Konstitusi Indonesia: Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945; Pancasila sebagai paradigma kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara; serta keterampilan-keterampilan dasar dalam mengembangkan kebijakan publik yang relevan dengan berbagai permasalahan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara dalam implementasi nilai-nilai Pancasila; serta keterampilan-keterampilan dasar dalam mengembangkan kebijakan publik yang relevan dengan berbagai permasalahan kehidupan berbangsa dan bernegara. Pembelajaran yang relevan untuk mengembangkan kompetensi belajar mahasiswa akan dilakukan baik dengan pendekatan belajar mandiri, partisipatif, maupun kooeparatif, serta pemberian proyek kelas. Tugas-tugas yang diharapkan untuk dapat dikerjakan mahasiswa sebagai tagihan utama selama proses pembelajaran adalah laporan ringkasan buku, makalah kelompok, makalah individu, proyek kelas (portofolio kelas), dan presentasi kelompok. Penilaian unjuk keberhasilan mengikuti mata kuliah ini akan dilakukan baik melalui UTS, UAS, tugas-tugas (portofolio), dan self-assessment”.

PENDIDIKAN PANCASILA (D3 SURTA & D3 PERPUS)

PENDIDIKAN PANCASILA (D3 SURTA & D3 PERPUS)

Course modified date: 21 Sept 2021

“Mata kuliah ini mempunyai prasyarat bahwa mahasiswa telah menguasai konsep-konsep dasar awal di sekolah menengah di bidang politik, hukum, pemerintahan, Dasar Negara Indonesia dan ideologi Pancasila serta keterampilan sosial dasar dalam berkomunikasi dan presentasi ilmiah. Mata kuliah Pancasila merupakan salah satu mata kuliah wajib umum (MKWU) yang harus ada di Perguruan Tinggi sesuai UU Nomor 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinngi. Sebagai salah satu mata kuliah yang esensial dengan memeliki bobot 2 sks maka mata kuliah ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis, penalaran nilai, dan keterampilan sosial mahasiswa untuk dapat menunjukkan partisipasi sosial politiknya dalam pengambilan keputusan-keputusan publik barkaitan dengan Pancasila sebagai dasar negara dan Ideologi Bangsa dan Negara. Untuk mencapai tujuan tersebut dalam mata kuliah ini mahasiswa akan diajak untuk mengkaji persoalan-persoalan konsep dan nilai-nilai yang mencakup materi Pendidikan Pancasila Dalam Sistem Pendidikan Nasional Indonesia mengenai latar belakang, landasan, hakikat, visi, misi, dan tujuan Pendidikan Pancasila; Pancasila dalam perspektif sejarah perjuangan bangsa Indonesia; Pancasila sebagai sistem nilai dan filsafat: Pancasila sebagai idiologi nasional; Lambang Garuda Pancasila; Pancasila sebagai etika politik; Konstitusi Indonesia: Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945; Pancasila sebagai paradigma kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara; serta keterampilan-keterampilan dasar dalam mengembangkan kebijakan publik yang relevan dengan berbagai permasalahan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara dalam implementasi nilai-nilai Pancasila; serta keterampilan-keterampilan dasar dalam mengembangkan kebijakan publik yang relevan dengan berbagai permasalahan kehidupan berbangsa dan bernegara. Pembelajaran yang relevan untuk mengembangkan kompetensi belajar mahasiswa akan dilakukan baik dengan pendekatan belajar mandiri, partisipatif, maupun kooeparatif, serta pemberian proyek kelas. Tugas-tugas yang diharapkan untuk dapat dikerjakan mahasiswa sebagai tagihan utama selama proses pembelajaran adalah laporan ringkasan buku, makalah kelompok, makalah individu, proyek kelas (portofolio kelas), dan presentasi kelompok. Penilaian unjuk keberhasilan mengikuti mata kuliah ini akan dilakukan baik melalui UTS, UAS, tugas-tugas (portofolio), dan self-assessment”.

PANCASILA (ROMBEL 29 RABU EF PROF LASMAWAN)

PANCASILA (ROMBEL 29 RABU EF PROF LASMAWAN)

Course modified date: 21 Sept 2021

“Mata kuliah ini mempunyai prasyarat bahwa mahasiswa telah menguasai konsep-konsep dasar awal di sekolah menengah di bidang politik, hukum, pemerintahan, Dasar Negara Indonesia dan ideologi Pancasila serta keterampilan sosial dasar dalam berkomunikasi dan presentasi ilmiah. Mata kuliah Pancasila merupakan salah satu mata kuliah wajib umum (MKWU) yang harus ada di Perguruan Tinggi sesuai UU Nomor 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinngi. Sebagai salah satu mata kuliah yang esensial dengan memeliki bobot 2 sks maka mata kuliah ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis, penalaran nilai, dan keterampilan sosial mahasiswa untuk dapat menunjukkan partisipasi sosial politiknya dalam pengambilan keputusan-keputusan publik barkaitan dengan Pancasila sebagai dasar negara dan Ideologi Bangsa dan Negara. Untuk mencapai tujuan tersebut dalam mata kuliah ini mahasiswa akan diajak untuk mengkaji persoalan-persoalan konsep dan nilai-nilai yang mencakup materi Pendidikan Pancasila Dalam Sistem Pendidikan Nasional Indonesia mengenai latar belakang, landasan, hakikat, visi, misi, dan tujuan Pendidikan Pancasila; Pancasila dalam perspektif sejarah perjuangan bangsa Indonesia; Pancasila sebagai sistem nilai dan filsafat: Pancasila sebagai idiologi nasional; Lambang Garuda Pancasila; Pancasila sebagai etika politik; Konstitusi Indonesia: Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945; Pancasila sebagai paradigma kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara; serta keterampilan-keterampilan dasar dalam mengembangkan kebijakan publik yang relevan dengan berbagai permasalahan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara dalam implementasi nilai-nilai Pancasila; serta keterampilan-keterampilan dasar dalam mengembangkan kebijakan publik yang relevan dengan berbagai permasalahan kehidupan berbangsa dan bernegara. Pembelajaran yang relevan untuk mengembangkan kompetensi belajar mahasiswa akan dilakukan baik dengan pendekatan belajar mandiri, partisipatif, maupun kooeparatif, serta pemberian proyek kelas. Tugas-tugas yang diharapkan untuk dapat dikerjakan mahasiswa sebagai tagihan utama selama proses pembelajaran adalah laporan ringkasan buku, makalah kelompok, makalah individu, proyek kelas (portofolio kelas), dan presentasi kelompok. Penilaian unjuk keberhasilan mengikuti mata kuliah ini akan dilakukan baik melalui UTS, UAS, tugas-tugas (portofolio), dan self-assessment”.

PANCASILA (ROMBEL 27 RABU AB PROF. LASMAWAN)

PANCASILA (ROMBEL 27 RABU AB PROF. LASMAWAN)

Course modified date: 21 Sept 2021

“Mata kuliah ini mempunyai prasyarat bahwa mahasiswa telah menguasai konsep-konsep dasar awal di sekolah menengah di bidang politik, hukum, pemerintahan, Dasar Negara Indonesia dan ideologi Pancasila serta keterampilan sosial dasar dalam berkomunikasi dan presentasi ilmiah. Mata kuliah Pancasila merupakan salah satu mata kuliah wajib umum (MKWU) yang harus ada di Perguruan Tinggi sesuai UU Nomor 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinngi. Sebagai salah satu mata kuliah yang esensial dengan memeliki bobot 2 sks maka mata kuliah ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis, penalaran nilai, dan keterampilan sosial mahasiswa untuk dapat menunjukkan partisipasi sosial politiknya dalam pengambilan keputusan-keputusan publik barkaitan dengan Pancasila sebagai dasar negara dan Ideologi Bangsa dan Negara. Untuk mencapai tujuan tersebut dalam mata kuliah ini mahasiswa akan diajak untuk mengkaji persoalan-persoalan konsep dan nilai-nilai yang mencakup materi Pendidikan Pancasila Dalam Sistem Pendidikan Nasional Indonesia mengenai latar belakang, landasan, hakikat, visi, misi, dan tujuan Pendidikan Pancasila; Pancasila dalam perspektif sejarah perjuangan bangsa Indonesia; Pancasila sebagai sistem nilai dan filsafat: Pancasila sebagai idiologi nasional; Lambang Garuda Pancasila; Pancasila sebagai etika politik; Konstitusi Indonesia: Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945; Pancasila sebagai paradigma kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara; serta keterampilan-keterampilan dasar dalam mengembangkan kebijakan publik yang relevan dengan berbagai permasalahan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara dalam implementasi nilai-nilai Pancasila; serta keterampilan-keterampilan dasar dalam mengembangkan kebijakan publik yang relevan dengan berbagai permasalahan kehidupan berbangsa dan bernegara. Pembelajaran yang relevan untuk mengembangkan kompetensi belajar mahasiswa akan dilakukan baik dengan pendekatan belajar mandiri, partisipatif, maupun kooeparatif, serta pemberian proyek kelas. Tugas-tugas yang diharapkan untuk dapat dikerjakan mahasiswa sebagai tagihan utama selama proses pembelajaran adalah laporan ringkasan buku, makalah kelompok, makalah individu, proyek kelas (portofolio kelas), dan presentasi kelompok. Penilaian unjuk keberhasilan mengikuti mata kuliah ini akan dilakukan baik melalui UTS, UAS, tugas-tugas (portofolio), dan self-assessment”.

PANCASILA (ROMBEL 28 RABU CD PROF. LASMAWAN)

PANCASILA (ROMBEL 28 RABU CD PROF. LASMAWAN)

Course modified date: 21 Sept 2021

“Mata kuliah ini mempunyai prasyarat bahwa mahasiswa telah menguasai konsep-konsep dasar awal di sekolah menengah di bidang politik, hukum, pemerintahan, Dasar Negara Indonesia dan ideologi Pancasila serta keterampilan sosial dasar dalam berkomunikasi dan presentasi ilmiah. Mata kuliah Pancasila merupakan salah satu mata kuliah wajib umum (MKWU) yang harus ada di Perguruan Tinggi sesuai UU Nomor 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinngi. Sebagai salah satu mata kuliah yang esensial dengan memeliki bobot 2 sks maka mata kuliah ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis, penalaran nilai, dan keterampilan sosial mahasiswa untuk dapat menunjukkan partisipasi sosial politiknya dalam pengambilan keputusan-keputusan publik barkaitan dengan Pancasila sebagai dasar negara dan Ideologi Bangsa dan Negara. Untuk mencapai tujuan tersebut dalam mata kuliah ini mahasiswa akan diajak untuk mengkaji persoalan-persoalan konsep dan nilai-nilai yang mencakup materi Pendidikan Pancasila Dalam Sistem Pendidikan Nasional Indonesia mengenai latar belakang, landasan, hakikat, visi, misi, dan tujuan Pendidikan Pancasila; Pancasila dalam perspektif sejarah perjuangan bangsa Indonesia; Pancasila sebagai sistem nilai dan filsafat: Pancasila sebagai idiologi nasional; Lambang Garuda Pancasila; Pancasila sebagai etika politik; Konstitusi Indonesia: Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945; Pancasila sebagai paradigma kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara; serta keterampilan-keterampilan dasar dalam mengembangkan kebijakan publik yang relevan dengan berbagai permasalahan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara dalam implementasi nilai-nilai Pancasila; serta keterampilan-keterampilan dasar dalam mengembangkan kebijakan publik yang relevan dengan berbagai permasalahan kehidupan berbangsa dan bernegara. Pembelajaran yang relevan untuk mengembangkan kompetensi belajar mahasiswa akan dilakukan baik dengan pendekatan belajar mandiri, partisipatif, maupun kooeparatif, serta pemberian proyek kelas. Tugas-tugas yang diharapkan untuk dapat dikerjakan mahasiswa sebagai tagihan utama selama proses pembelajaran adalah laporan ringkasan buku, makalah kelompok, makalah individu, proyek kelas (portofolio kelas), dan presentasi kelompok. Penilaian unjuk keberhasilan mengikuti mata kuliah ini akan dilakukan baik melalui UTS, UAS, tugas-tugas (portofolio), dan self-assessment”.

PANCASILA (ROMBEL 35 RABU EF PAK BUDIARTA)

PANCASILA (ROMBEL 35 RABU EF PAK BUDIARTA)

Course modified date: 21 Sept 2021

“Mata kuliah ini mempunyai prasyarat bahwa mahasiswa telah menguasai konsep-konsep dasar awal di sekolah menengah di bidang politik, hukum, pemerintahan, Dasar Negara Indonesia dan ideologi Pancasila serta keterampilan sosial dasar dalam berkomunikasi dan presentasi ilmiah. Mata kuliah Pancasila merupakan salah satu mata kuliah wajib umum (MKWU) yang harus ada di Perguruan Tinggi sesuai UU Nomor 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinngi. Sebagai salah satu mata kuliah yang esensial dengan memeliki bobot 2 sks maka mata kuliah ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis, penalaran nilai, dan keterampilan sosial mahasiswa untuk dapat menunjukkan partisipasi sosial politiknya dalam pengambilan keputusan-keputusan publik barkaitan dengan Pancasila sebagai dasar negara dan Ideologi Bangsa dan Negara. Untuk mencapai tujuan tersebut dalam mata kuliah ini mahasiswa akan diajak untuk mengkaji persoalan-persoalan konsep dan nilai-nilai yang mencakup materi Pendidikan Pancasila Dalam Sistem Pendidikan Nasional Indonesia mengenai latar belakang, landasan, hakikat, visi, misi, dan tujuan Pendidikan Pancasila; Pancasila dalam perspektif sejarah perjuangan bangsa Indonesia; Pancasila sebagai sistem nilai dan filsafat: Pancasila sebagai idiologi nasional; Lambang Garuda Pancasila; Pancasila sebagai etika politik; Konstitusi Indonesia: Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945; Pancasila sebagai paradigma kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara; serta keterampilan-keterampilan dasar dalam mengembangkan kebijakan publik yang relevan dengan berbagai permasalahan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara dalam implementasi nilai-nilai Pancasila; serta keterampilan-keterampilan dasar dalam mengembangkan kebijakan publik yang relevan dengan berbagai permasalahan kehidupan berbangsa dan bernegara. Pembelajaran yang relevan untuk mengembangkan kompetensi belajar mahasiswa akan dilakukan baik dengan pendekatan belajar mandiri, partisipatif, maupun kooeparatif, serta pemberian proyek kelas. Tugas-tugas yang diharapkan untuk dapat dikerjakan mahasiswa sebagai tagihan utama selama proses pembelajaran adalah laporan ringkasan buku, makalah kelompok, makalah individu, proyek kelas (portofolio kelas), dan presentasi kelompok. Penilaian unjuk keberhasilan mengikuti mata kuliah ini akan dilakukan baik melalui UTS, UAS, tugas-tugas (portofolio), dan self-assessment”.

PANCASILA (ROMBEL 32 JUMAT EF PROF. LASMAWAN)

PANCASILA (ROMBEL 32 JUMAT EF PROF. LASMAWAN)

Course modified date: 21 Sept 2021

“Mata kuliah ini mempunyai prasyarat bahwa mahasiswa telah menguasai konsep-konsep dasar awal di sekolah menengah di bidang politik, hukum, pemerintahan, Dasar Negara Indonesia dan ideologi Pancasila serta keterampilan sosial dasar dalam berkomunikasi dan presentasi ilmiah. Mata kuliah Pancasila merupakan salah satu mata kuliah wajib umum (MKWU) yang harus ada di Perguruan Tinggi sesuai UU Nomor 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinngi. Sebagai salah satu mata kuliah yang esensial dengan memeliki bobot 2 sks maka mata kuliah ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis, penalaran nilai, dan keterampilan sosial mahasiswa untuk dapat menunjukkan partisipasi sosial politiknya dalam pengambilan keputusan-keputusan publik barkaitan dengan Pancasila sebagai dasar negara dan Ideologi Bangsa dan Negara. Untuk mencapai tujuan tersebut dalam mata kuliah ini mahasiswa akan diajak untuk mengkaji persoalan-persoalan konsep dan nilai-nilai yang mencakup materi Pendidikan Pancasila Dalam Sistem Pendidikan Nasional Indonesia mengenai latar belakang, landasan, hakikat, visi, misi, dan tujuan Pendidikan Pancasila; Pancasila dalam perspektif sejarah perjuangan bangsa Indonesia; Pancasila sebagai sistem nilai dan filsafat: Pancasila sebagai idiologi nasional; Lambang Garuda Pancasila; Pancasila sebagai etika politik; Konstitusi Indonesia: Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945; Pancasila sebagai paradigma kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara; serta keterampilan-keterampilan dasar dalam mengembangkan kebijakan publik yang relevan dengan berbagai permasalahan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara dalam implementasi nilai-nilai Pancasila; serta keterampilan-keterampilan dasar dalam mengembangkan kebijakan publik yang relevan dengan berbagai permasalahan kehidupan berbangsa dan bernegara. Pembelajaran yang relevan untuk mengembangkan kompetensi belajar mahasiswa akan dilakukan baik dengan pendekatan belajar mandiri, partisipatif, maupun kooeparatif, serta pemberian proyek kelas. Tugas-tugas yang diharapkan untuk dapat dikerjakan mahasiswa sebagai tagihan utama selama proses pembelajaran adalah laporan ringkasan buku, makalah kelompok, makalah individu, proyek kelas (portofolio kelas), dan presentasi kelompok. Penilaian unjuk keberhasilan mengikuti mata kuliah ini akan dilakukan baik melalui UTS, UAS, tugas-tugas (portofolio), dan self-assessment”.

PANCASILA (ROMBEL 34 RABU CD PAK BUDIARTA)

PANCASILA (ROMBEL 34 RABU CD PAK BUDIARTA)

Course modified date: 21 Sept 2021

“Mata kuliah ini mempunyai prasyarat bahwa mahasiswa telah menguasai konsep-konsep dasar awal di sekolah menengah di bidang politik, hukum, pemerintahan, Dasar Negara Indonesia dan ideologi Pancasila serta keterampilan sosial dasar dalam berkomunikasi dan presentasi ilmiah. Mata kuliah Pancasila merupakan salah satu mata kuliah wajib umum (MKWU) yang harus ada di Perguruan Tinggi sesuai UU Nomor 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinngi. Sebagai salah satu mata kuliah yang esensial dengan memeliki bobot 2 sks maka mata kuliah ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis, penalaran nilai, dan keterampilan sosial mahasiswa untuk dapat menunjukkan partisipasi sosial politiknya dalam pengambilan keputusan-keputusan publik barkaitan dengan Pancasila sebagai dasar negara dan Ideologi Bangsa dan Negara. Untuk mencapai tujuan tersebut dalam mata kuliah ini mahasiswa akan diajak untuk mengkaji persoalan-persoalan konsep dan nilai-nilai yang mencakup materi Pendidikan Pancasila Dalam Sistem Pendidikan Nasional Indonesia mengenai latar belakang, landasan, hakikat, visi, misi, dan tujuan Pendidikan Pancasila; Pancasila dalam perspektif sejarah perjuangan bangsa Indonesia; Pancasila sebagai sistem nilai dan filsafat: Pancasila sebagai idiologi nasional; Lambang Garuda Pancasila; Pancasila sebagai etika politik; Konstitusi Indonesia: Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945; Pancasila sebagai paradigma kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara; serta keterampilan-keterampilan dasar dalam mengembangkan kebijakan publik yang relevan dengan berbagai permasalahan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara dalam implementasi nilai-nilai Pancasila; serta keterampilan-keterampilan dasar dalam mengembangkan kebijakan publik yang relevan dengan berbagai permasalahan kehidupan berbangsa dan bernegara. Pembelajaran yang relevan untuk mengembangkan kompetensi belajar mahasiswa akan dilakukan baik dengan pendekatan belajar mandiri, partisipatif, maupun kooeparatif, serta pemberian proyek kelas. Tugas-tugas yang diharapkan untuk dapat dikerjakan mahasiswa sebagai tagihan utama selama proses pembelajaran adalah laporan ringkasan buku, makalah kelompok, makalah individu, proyek kelas (portofolio kelas), dan presentasi kelompok. Penilaian unjuk keberhasilan mengikuti mata kuliah ini akan dilakukan baik melalui UTS, UAS, tugas-tugas (portofolio), dan self-assessment”.

PANCASILA (ROMBEL 33 RABU AB PAK BUDIARTA)

PANCASILA (ROMBEL 33 RABU AB PAK BUDIARTA)

Course modified date: 21 Sept 2021

“Mata kuliah ini mempunyai prasyarat bahwa mahasiswa telah menguasai konsep-konsep dasar awal di sekolah menengah di bidang politik, hukum, pemerintahan, Dasar Negara Indonesia dan ideologi Pancasila serta keterampilan sosial dasar dalam berkomunikasi dan presentasi ilmiah. Mata kuliah Pancasila merupakan salah satu mata kuliah wajib umum (MKWU) yang harus ada di Perguruan Tinggi sesuai UU Nomor 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinngi. Sebagai salah satu mata kuliah yang esensial dengan memeliki bobot 2 sks maka mata kuliah ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis, penalaran nilai, dan keterampilan sosial mahasiswa untuk dapat menunjukkan partisipasi sosial politiknya dalam pengambilan keputusan-keputusan publik barkaitan dengan Pancasila sebagai dasar negara dan Ideologi Bangsa dan Negara. Untuk mencapai tujuan tersebut dalam mata kuliah ini mahasiswa akan diajak untuk mengkaji persoalan-persoalan konsep dan nilai-nilai yang mencakup materi Pendidikan Pancasila Dalam Sistem Pendidikan Nasional Indonesia mengenai latar belakang, landasan, hakikat, visi, misi, dan tujuan Pendidikan Pancasila; Pancasila dalam perspektif sejarah perjuangan bangsa Indonesia; Pancasila sebagai sistem nilai dan filsafat: Pancasila sebagai idiologi nasional; Lambang Garuda Pancasila; Pancasila sebagai etika politik; Konstitusi Indonesia: Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945; Pancasila sebagai paradigma kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara; serta keterampilan-keterampilan dasar dalam mengembangkan kebijakan publik yang relevan dengan berbagai permasalahan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara dalam implementasi nilai-nilai Pancasila; serta keterampilan-keterampilan dasar dalam mengembangkan kebijakan publik yang relevan dengan berbagai permasalahan kehidupan berbangsa dan bernegara. Pembelajaran yang relevan untuk mengembangkan kompetensi belajar mahasiswa akan dilakukan baik dengan pendekatan belajar mandiri, partisipatif, maupun kooeparatif, serta pemberian proyek kelas. Tugas-tugas yang diharapkan untuk dapat dikerjakan mahasiswa sebagai tagihan utama selama proses pembelajaran adalah laporan ringkasan buku, makalah kelompok, makalah individu, proyek kelas (portofolio kelas), dan presentasi kelompok. Penilaian unjuk keberhasilan mengikuti mata kuliah ini akan dilakukan baik melalui UTS, UAS, tugas-tugas (portofolio), dan self-assessment”.

PANCASILA (ROMBEL 31 JUMAT CD PROF. LASMAWAN)

PANCASILA (ROMBEL 31 JUMAT CD PROF. LASMAWAN)

Course modified date: 21 Sept 2021

“Mata kuliah ini mempunyai prasyarat bahwa mahasiswa telah menguasai konsep-konsep dasar awal di sekolah menengah di bidang politik, hukum, pemerintahan, Dasar Negara Indonesia dan ideologi Pancasila serta keterampilan sosial dasar dalam berkomunikasi dan presentasi ilmiah. Mata kuliah Pancasila merupakan salah satu mata kuliah wajib umum (MKWU) yang harus ada di Perguruan Tinggi sesuai UU Nomor 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinngi. Sebagai salah satu mata kuliah yang esensial dengan memeliki bobot 2 sks maka mata kuliah ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis, penalaran nilai, dan keterampilan sosial mahasiswa untuk dapat menunjukkan partisipasi sosial politiknya dalam pengambilan keputusan-keputusan publik barkaitan dengan Pancasila sebagai dasar negara dan Ideologi Bangsa dan Negara. Untuk mencapai tujuan tersebut dalam mata kuliah ini mahasiswa akan diajak untuk mengkaji persoalan-persoalan konsep dan nilai-nilai yang mencakup materi Pendidikan Pancasila Dalam Sistem Pendidikan Nasional Indonesia mengenai latar belakang, landasan, hakikat, visi, misi, dan tujuan Pendidikan Pancasila; Pancasila dalam perspektif sejarah perjuangan bangsa Indonesia; Pancasila sebagai sistem nilai dan filsafat: Pancasila sebagai idiologi nasional; Lambang Garuda Pancasila; Pancasila sebagai etika politik; Konstitusi Indonesia: Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945; Pancasila sebagai paradigma kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara; serta keterampilan-keterampilan dasar dalam mengembangkan kebijakan publik yang relevan dengan berbagai permasalahan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara dalam implementasi nilai-nilai Pancasila; serta keterampilan-keterampilan dasar dalam mengembangkan kebijakan publik yang relevan dengan berbagai permasalahan kehidupan berbangsa dan bernegara. Pembelajaran yang relevan untuk mengembangkan kompetensi belajar mahasiswa akan dilakukan baik dengan pendekatan belajar mandiri, partisipatif, maupun kooeparatif, serta pemberian proyek kelas. Tugas-tugas yang diharapkan untuk dapat dikerjakan mahasiswa sebagai tagihan utama selama proses pembelajaran adalah laporan ringkasan buku, makalah kelompok, makalah individu, proyek kelas (portofolio kelas), dan presentasi kelompok. Penilaian unjuk keberhasilan mengikuti mata kuliah ini akan dilakukan baik melalui UTS, UAS, tugas-tugas (portofolio), dan self-assessment”.

PANCASILA (ROMBEL 33 JUMAT AB PROF. LASMAWAN)

PANCASILA (ROMBEL 33 JUMAT AB PROF. LASMAWAN)

Course modified date: 21 Sept 2021

“Mata kuliah ini mempunyai prasyarat bahwa mahasiswa telah menguasai konsep-konsep dasar awal di sekolah menengah di bidang politik, hukum, pemerintahan, Dasar Negara Indonesia dan ideologi Pancasila serta keterampilan sosial dasar dalam berkomunikasi dan presentasi ilmiah. Mata kuliah Pancasila merupakan salah satu mata kuliah wajib umum (MKWU) yang harus ada di Perguruan Tinggi sesuai UU Nomor 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinngi. Sebagai salah satu mata kuliah yang esensial dengan memeliki bobot 2 sks maka mata kuliah ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis, penalaran nilai, dan keterampilan sosial mahasiswa untuk dapat menunjukkan partisipasi sosial politiknya dalam pengambilan keputusan-keputusan publik barkaitan dengan Pancasila sebagai dasar negara dan Ideologi Bangsa dan Negara. Untuk mencapai tujuan tersebut dalam mata kuliah ini mahasiswa akan diajak untuk mengkaji persoalan-persoalan konsep dan nilai-nilai yang mencakup materi Pendidikan Pancasila Dalam Sistem Pendidikan Nasional Indonesia mengenai latar belakang, landasan, hakikat, visi, misi, dan tujuan Pendidikan Pancasila; Pancasila dalam perspektif sejarah perjuangan bangsa Indonesia; Pancasila sebagai sistem nilai dan filsafat: Pancasila sebagai idiologi nasional; Lambang Garuda Pancasila; Pancasila sebagai etika politik; Konstitusi Indonesia: Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945; Pancasila sebagai paradigma kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara; serta keterampilan-keterampilan dasar dalam mengembangkan kebijakan publik yang relevan dengan berbagai permasalahan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara dalam implementasi nilai-nilai Pancasila; serta keterampilan-keterampilan dasar dalam mengembangkan kebijakan publik yang relevan dengan berbagai permasalahan kehidupan berbangsa dan bernegara. Pembelajaran yang relevan untuk mengembangkan kompetensi belajar mahasiswa akan dilakukan baik dengan pendekatan belajar mandiri, partisipatif, maupun kooeparatif, serta pemberian proyek kelas. Tugas-tugas yang diharapkan untuk dapat dikerjakan mahasiswa sebagai tagihan utama selama proses pembelajaran adalah laporan ringkasan buku, makalah kelompok, makalah individu, proyek kelas (portofolio kelas), dan presentasi kelompok. Penilaian unjuk keberhasilan mengikuti mata kuliah ini akan dilakukan baik melalui UTS, UAS, tugas-tugas (portofolio), dan self-assessment”.

PANCASILA

PANCASILA

Course modified date: 20 Jan 2022

“Mata kuliah ini mempunyai prasyarat bahwa mahasiswa telah menguasai konsep-konsep dasar awal di sekolah menengah di bidang politik, hukum, pemerintahan, Dasar Negara Indonesia dan ideologi Pancasila serta keterampilan sosial dasar dalam berkomunikasi dan presentasi ilmiah. Mata kuliah Pancasila merupakan salah satu mata kuliah wajib umum (MKWU) yang harus ada di Perguruan Tinggi sesuai UU Nomor 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinngi.

Pancasila salin 11

Pancasila salin 11

Course modified date: 21 Sept 2021

Mahasiswa dapat mendeskripsikan hakikat, pengertian, latar belakang, visi, misi, tujuan, dan perkembangan Pendidikan Pancasila di Indonesia

Pancasila salin 8

Pancasila salin 8

Course modified date: 21 Sept 2021

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah pengembangan kepribadian yang mengajarkan tentang ideologi negara Indonesia yaitu Pancasila

Pancasila salin 10

Pancasila salin 10

Course modified date: 21 Sept 2021

Mahasiswa dapat mendeskripsikan hakikat, pengertian, latar belakang, visi, misi, tujuan, dan perkembangan Pendidikan Pancasila di Indonesia

Strategi Pembelajaran salin 1

Strategi Pembelajaran salin 1

Course modified date: 21 Sept 2021

Hakekat strategi dalam pembelajaran, pendekatan pembelajaran, hakekat model pembelajaran, model-model pembelajaran, hakekat strategi pembelajaran, jenis-jenis strategi pembelajaran, hakekat metode pembelajaran, jenis-jenis metode pembelajaran, teknik dan taktik pembelajaran.

Pancasila salin 9

Pancasila salin 9

Course modified date: 21 Sept 2021

Mahasiswa dapat mendeskripsikan hakekat, pengertian, latar belakang, visi, misi, tujuan, dan perkembangan Pendidikan Pancasila di Indonesia

PANCASILA salin 7

PANCASILA salin 7

Course modified date: 21 Sept 2021

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah pengembangan kepribadian yang mengajarkan tentang ideologi negara Indonesia yaitu Pancasila

Wawasan Kependidikan salin 1

Wawasan Kependidikan salin 1

Course modified date: 21 Sept 2021

Mata Kuliah ini membahas tentang hakikat dan makna Ilmu Pendidikan, teori-teori pendidikan dalam kaitannya dengan pengembangan potensi manusia (peserta didik), asumsi programatik pendidikan (faktor-faktor yang terlibat dalam proses pendidikan peserta didik), sistem pendidikan Indonesia,dan kompetensi-sertifikasi-profesi guru.

Pancasila salin 6

Pancasila salin 6

Course modified date: 21 Sept 2021

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah pengembangan kepribadian yang mengajarkan tentang ideologi negara Indonesia yaitu Pancasila