Psikometrika

Psikometrika

Course modified date: 5 Dec 2021

Mata kuliah ini membahas tentang menganalisis kualitas butir dalam mengukur kemampuan responden dengan mengunakan berbagai model teori respons butir.


SOSIOLOGI ANTOPOLOGI PENDIDIKAN

SOSIOLOGI ANTOPOLOGI PENDIDIKAN

Course modified date: 4 Oct 2021

Sosiologi pendidikan menganalisis secara kritis bagaimana institusi publik dan pengalaman individu memengaruhi pendidikan dan hasilnya. Fokus keilmuannya terletak pada eksplorasi struktur masyarakat dan hubungan antara manusia dari dalam kehidupan masyarakat, individu dengan individu, kelompok dengan kelompok, atau individu dengan kelompok. Disamping itu, sosiologi pendidikan memelajari masalah-masalah pendidikan yang fundamental, kelakuan sosial serta prinsip-prinsip untuk mengontrolnya, sistem sekolah umum di masyarakat industri modern, termasuk perluasan anak usia dini, mengah, pendidikan tinggi, dan pendidikan berkelanjutan.

Antropologi pendidikan berfokus pada penelaahan akademis tentang sistem pendidikan dari sudut pandang budaya,  praktek-praktek pendidikan lintas budaya dan generasi manusia, proses-proses transmisi budaya atau pewarisan pengetahuan melalui proses enkulturasi dan sosialisasi dan menghimpun pengetahuan empiris yang sudah diverifikasikan dengan menganalisis aspek-aspek proses pendidikan yang berbeda-beda dalam lingkungan sosial budaya.


Pengembangan Materi dan Pembelajaran IPA

Pengembangan Materi dan Pembelajaran IPA

Course modified date: 12 Sept 2021

Deskripsi Kuliah

Mata kuliah Pengembangan Pembelajaran IPA bertujuan untuk mengembangkan sikap, pengetahuan dan keterampilan mahasiswa dalam pengembangan materi dan model pembelajaran IPA. Perkuliahan ini mengkaji materi tentang Isu penting pembelajaran IPA di abad 21, Model-model Pembelajaran IPA Abad 21, Pembelajaran Inovatif, Perancangan Pembelajaran Inovatif,.Tinjauan kritis terhadap penelitian terkini tentang pengembangan materi dan model pembelajaran IPA, Pengembangan materi pembelajaran IPA berbasis model pembelajaran inovatif dan Pengembangan model pembelajaran IPA inovatif.

Mahasiswa terlibat dalam pembelajaran penemuan dan mengeksplorasi isu-isu terkini dalam pendidikan IPA melalui studi sumber-sumber yang upto date, diskusi, penugasan dan presentasi ide-ide inovasi dan kreatif. Penilaian perkuliahan dilakukan melalui penilaian tugas mandiri dan kelompok, kemampuan dan keluasan pemahaman terhadap materi yang disajikan (presentasi), serta sikap atau keterlibatan dalam  perkuliahan.