Teori Tes Modern (Item Respons Theory)

Teori Tes Modern (Item Respons Theory)

Course modified date: 7 Mar 2022

 

Garis Besar Rencanaan Pembelajaran MK Teori Tes Modern S3

 

No

Indikator Pencapaian

(kemampuan akhir yg diharapkan)

Bahan Kajian/Materi Pokok

1

3

 

1

1.   Mampu mereview konsep Teori Tes Klasik

2.   Mampu mengidentifikasi kelemahan Teori tes Klasik

3.   Menghasilkan ide atau gagasan untuk memperkecil kelemahan teori tes modern

 

Ketimpangan Skor Teori Klasik

2

1. Mampu memaparkan konsep-konsep dasar IRT

2. Mampu memaparkan perbandingan teori tes klasik dengan IRT.

3. Menemukan ide untuk melaksanakan kelebihan IRT

 

Teori Responsi Butir (Pendahuluan)

3

1. Menentukan karakteristikbutir logistik L1P

2. Menganalisis hasil pengukuran dengan model L1P

3. menghasilkan ide secara praktis dalam menerapkan model L1P

 

Teori Responsi Butir Model L1P

4

1. Menemukan kelebihan Teori Responsi Butir Model Rasch

2. Mengaplikasikan secara praktis komponen dan besaran dalam Teori Responsi Butir Model Rasch

3. Menentukan karakteristik butir model Rasch

4. Menerapkan prosedur Partial Credit Models (PCM)

5. Menerapkan Rating Scale Models(RSM)

 

 

Teori Responsi Butir Model Rasch

5

1. Menentukan karakteristikbutir logistik L2P, L3P

2. Menganalisis hasil pengukuran dengan model L2P, L3P

3. menghasilkan ide secara praktis dalam menerapkan model L2P, L3P

4. Menerapkan prosedur Generalized Partial Credit Models (GPCM)

 

Teori Responsi Butir Model L2P, L3P

6

1. Mengaplikasikan estimasi terpisah metode PRO

2. Mengaplikasikan estimasi terpisah metode Maximum Likelihood       

3. Mengaplikasikan estimasi terpisah metode Bayes

Estimasi Parameter Terpisah

7

1. Mengaplikasikan estimasi terpisah metode PRO dalam estimasi parameter serentak

2. Mengaplikasikan estimasi terpisah metode Maximum Likelihooddalam estimasi parameter serentak

Estimasi Parameter Serentak

8

1. Menerapkan Nominal Categories Models

2. Menerapkan General Graded Response Model (GGRM)

3. Menerapkan Partial Credit Models  (PCM) untuk polytommous

Polytomous IRT

9

1. Menerapkan skala logit

2. Menerapkan satuan ukuran keterbacaan lexile

3. Menerapkan metode kalibrasi

Sistem Satuan dan Kalibrasi

10

1. Menghasilkan ide praktis dalam prosedur PROX pada pencocokan model

2. Menghasilkan ide praktis dalam menerapkan prosedur kecermatan prediksimodel

Pencocokan Model Karakteristik

11

1. Menguraikan fungsi informasi butir

2. Menguraikan fungsi informasi ujian

3. Menguraikan fungsi informasi sasaran ujian

Fungsi Informasi

12

1. mempersiapkan sistem dan struktur bank butir

2. mampu merakit ujian

Bank Butir dan Perakitan Alat Ukur

13

1. Menguraikan sistem ujian konvensional

2. Menguraikan proses ujian adaptif

3. Menguraikan prosedur pencabangan ujian

4. Menguraikan prosedur kontrol keliru

Ujian Adaptif

14

1. Menguraikan ketimpangan skor

2. Menuraikan ketidakwajaran skor teori modern

Ketimpangan Skor Teori Modern

Referensi :

1.     Wim J. van der Linden, 2018, Handbook of Item Response Theory, London, Taylor & francis Group.

2.      R. J. de Ayala, 2009, The Theory and Practice of Item Response Theory, London, THE GUILFORD PRESS. 

3.      Frank B. Baker, Seock-Ho Kim, 2017, The Basics of Item Response Theory Using R, Switzerland , Springer International Publishing AG


Inovasi Model Pemb. dan Model Evaluasi Pemb. Mat

Inovasi Model Pemb. dan Model Evaluasi Pemb. Mat

Course modified date: 18 Feb 2022

Mendiskusikan ttg INovasi model dan evaluasi pembelajaran matematika 

Pengembangan Intrumen Baku

Pengembangan Intrumen Baku

Course modified date: 13 Feb 2022

Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman terhadap mahasiswa mengenai langkah-langkah penyusunan instrumen (tes dan non tes) dan meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam menyusun instrumen sesuai dengan langkah-langkah yang benar

HOTs, Penelitian dan Publikasi IPS

HOTs, Penelitian dan Publikasi IPS

Course modified date: 10 Feb 2022
Analisis Problematik Pembelajaran IPA

Analisis Problematik Pembelajaran IPA

Course modified date: 7 Feb 2022

Mata kuliah ini berisikan kajian tentang problematika pembelajaran IPA ditinjau dari berbagai aspek yang meliputi: kurikulum, pendidik, peserta didik, proses pembelajaran, asesmen, dan sarana dan prasarana. Melalui mat kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu: (1) Menganalisis problematik pembelajaran IPA ditinjau dari aspek: kurikulum, pendidik, peserta didik,  proses pembelajaran, asesmen, (2) Memecahkan problematik pembelajaran IPA ditinjau dari aspek: kurikulum, pendidik, peserta didik,  proses pembelajaran, asesmen, dan sarana prasarana.