Pemodelan dan Simulasi (2023)

Pemodelan dan Simulasi (2023)

Course modified date: 16 Mar 2023

grup untuk pengumpulan tugas project terkait pemodelan dan simulasi 

Manajemen Project Perangkat Lunak TRPL 2023

Manajemen Project Perangkat Lunak TRPL 2023

Course modified date: 16 Mar 2023

Grup ini untuk kuliah anak TRPL sem 4 yang juga diberikan tim dari dunia industri yaitu Software House P.T Dimata Sora Jayate

Permodelan dan Animasi 3D

Permodelan dan Animasi 3D

Course modified date: 9 Mar 2023

Animasi komputer adalah proses yang digunakan untuk menghasilkan gambar animasi secara digital. Istilah yang lebih umum adalah pencitraan hasil komputer mencakup adegan statis dan gambar dinamis, sedangkan animasi komputer hanya mengacu pada gambar bergerak.

[TRPL] Basis Data

[TRPL] Basis Data

Course modified date: 7 Mar 2023

Mata kuliah basis data mempelajari teknik-teknik dasar dalam membangun basis data. Adapun jenis basis data yang dipelajari pada mata kuliah ini adalah model basis data relasional. Terkait dengan hal tersebut maka dalam mata kuliah ini diberikan beberapa konsep tentang basis data, sistem basis data, dan model basis data. Beberapa teknik dalam perancangan basis data juga diberikan, seperti perancangan desain basis data dengan menggunakan Entity Relationship Diagram (ERD). Mentransformasikan ERD menjadi Basis Data Relasional. Melakukan normalisasi basis data untuk mengatasi masalah anomali data (1NF-3NF). Materi terakhir adalah membuat rancangan basis data untuk studi kasus sitem informasi perpustakaan sederhana.

[TRPL] Interaksi Manusia dan Komputer

[TRPL] Interaksi Manusia dan Komputer

Course modified date: 5 Mar 2023

Matakuliah interaksi manusia dan komputer adalah sebuah mata kuliah yang sangat penting dalam dunia teknologi informasi. Hal ini dikarenakan, interaksi manusia dengan komputer merupakan aspek yang sangat krusial dalam pengembangan dan penggunaan sistem-sistem teknologi informasi. Interaksi manusia dengan komputer dapat berdampak signifikan pada pengalaman pengguna dalam menggunakan sebuah sistem, serta dapat mempengaruhi keefektifan dan efisiensi dari sebuah sistem.

Matakuliah ini bertujuan untuk mempelajari prinsip-prinsip dasar dalam desain dan evaluasi interaksi manusia dengan komputer. Dalam matakuliah ini, mahasiswa akan mempelajari teknik-teknik yang digunakan dalam pengumpulan informasi tentang pengguna, analisis kebutuhan pengguna, dan evaluasi antarmuka pengguna. Selain itu, mahasiswa juga akan mempelajari prinsip-prinsip dasar dalam desain antarmuka pengguna yang efektif, seperti prinsip-prinsip tata letak, prinsip-prinsip warna, dan prinsip-prinsip navigasi.

Dalam konteks perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat, pemahaman tentang interaksi manusia dengan komputer menjadi sangat penting dalam pengembangan sistem-sistem teknologi informasi yang efektif dan efisien. Oleh karena itu, matakuliah ini memiliki relevansi yang tinggi dalam dunia industri dan bisnis, serta menjadi kunci sukses dalam pengembangan teknologi informasi yang berkualitas dan dapat memenuhi kebutuhan pengguna.


Bahasa Inggris untuk Teknik dan Bisnis [TRPL - Genap 2022/2023]

Mata kuliah ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menggunakan Bahasa Inggris dalam berkomunikasi secara efektif, baik secara lisan dan tulisan, khususnya berkaitan dengan Teknologi Informasi. Dalam mata kuliah ini, mahasiswa diasumsikan telah memiliki dasar Bahasa Inggris yang telah diperoleh pada mata kuliah di semester sebelumnya. Melalui mata kuliah ini, mahasiswa akan mempelajari tentang istilah-istilah teknis dalam dunia IT (istilah dalam computer system, website, database, e-commerce, IT support, network system, IT security and technology). Selain itu, mahasiswa akan mempelajari istilah-istilah bidang IT dalam bahasa inggris, bagaimana membuat CV dan surat lamaran kerja bidang IT yang benar dalam bahasa inggris, dan berkomunikasi dengan bahasa inggris untuk kepentingan kerja di industri IT global. Materi disampaikan dengan metode ekspositori, tanya jawab, diskusi, presentasi, dan latihan. Penilaian dilakukan dengan pemberian tugas/proyek, partisipasi dalam kelas, ujian tengah semester, dan ujian akhir semester.